Arteta Coba Perbaiki Hubungan Arsenal dengan Fans

Alimansyah (Koran Sindo), Jurnalis · Kamis 19 November 2020 20:16 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 19 45 2312655 arteta-coba-perbaiki-hubungan-arsenal-dengan-fans-jSnxQlwNMe.jpg Arsenal (Foto: Twitter/@Arsenal)

LONDON - Pelatih Arsenal, Mikel Arteta, membongkar fakta mengejutkan tentang hubungan buruk antara The Gunners -julukan Arsenal- dengan fans pada era Unai Emery. Dia pun bertekad memperbaiki hubungan itu agar kembali seperti semula.

Seperti diketahui, Emery dipecat pada 29 November 2019 lantaran gagal mempersembahkan kemenangan dalam tujuh pertandingan beruntun. Kinerjanya membuat kecewa fans The Gunners karena taktik yang diterapkannya tidak berjalan baik.

Mikel Arteta (Foto: Twitter/@Arsenal)

Belum cukup sampai disitu, jelang akhir masa jabatannya, Emery memberikan jabatan kapten kepada Granit Xhaka. Sayangnya, kepemimpinan Xhaka tidak seperti yang diharapkan.

Puncaknya, gelandang Swiss itu memberi isyarat dan mengumpat kepada fans di Emirates Stadium karena diejek saat hendak digantikan dalam pertandingan kontra Crystal Palace yang berakhir imbang 2-2. Insiden itu adalah mikrokosmos dari dinamika antara pemain dan fans saat itu. Arteta mencoba memperbaikinya saat datang pada Desember 2019.

BACA JUGA: Arsenal Kesal Willian Berkunjung ke Restoran di Dubai

"Anda tidak dapat membangun sesuatu yang baru (dengan cepat), ketika sesuatu telah rusak dan terluka parah, Anda dapat melihat perpecahan besar bahkan antara fans kami sendiri dan tim," kata Arteta, mengutip dari laman resmi Arsenal, Kamis (19/11/2020).

"Ketika Anda berada di stadion itu, 10 bulan yang lalu, saya terkejut. Anda harus membangun kembali (ikatan) itu. Untuk melakukan itu, Anda harus membangun beberapa fondasi dan setelah itu memulai proses," tuturnya.

"Anda harus memprioritaskan proses itu di awal, dan ke mana Anda akan pergi. Anda harus selalu waspada sepanjang waktu karena hanya perlu sedikit untuk merusak apa yang sedang Anda bangun," ucap mantan pemain Arsenal itu.

Perlahan-lahan usaha Arteta menyatukan dan memperbaiki hubungan tim dengan fans membuahkan hasil. Di bawah komandonya, pasukan muda Arsenal bukan hanya menghibur dari sisi permainan, reputasi The Gunners sebagai salah satu klub papan atas Liga Inggris mulia terlihat. Terbukti, Arteta sukses mempersembahkan gelar Piala FA 2019-20 dan Community Shield 2020.

 BACA JUGA: Pemain Arsenal Ini Diminta Marah ke Mikel Arteta

Namun, tantangan musim ini semakin besar. Tugas berat menanti Arteta dan Arsenal terutama di Liga Inggris tempat mereka masih berkutat di posisi ke-11 klasemen sementara (12 poin). Pierre-Emerick Aubameyang dan kawan-kawan akan bertandang ke Elland Road, markas Leeds United, Minggu 22 November 2020.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini