5 Bek Paling Tajam pada Abad 21

Andika Pratama, Jurnalis · Rabu 18 November 2020 19:54 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 18 51 2311938 5-bek-paling-tajam-pada-abad-21-qUXfCy094i.jpg Sergio Ramos (Foto: Reuters/Juan Medina)

BEK lebih dikenal dengan kelihaian mereka dalam menghentikan serangan lawan. Aneh jika bek memiliki jumlah gol melimpah layaknya penyerang. Akan tetapi, fakta menunjukkan bek-bek pada abad 21 juga jago dalam urusan membobol gawang lawan.

Alhsil, tidak aneh jika seorang bek memilki jumlah gol fantastis dalam kariernya. Berikut lima bek paling tajam pada abad 21, mengutip dari Sportskeeda, Rabu (18/11/2020).

5. William Janssen – 59 Gol

William Janssen (Foto: Sportskeeda)

Sejak debut profesionalnya bersama VVV Venlo di Liga Belanda 2006-2007, William Janssen telah mencetak 59 gol yang mengesankan. Sebanyak 24 gol di antaranya dibuat bek berumur 34 tahun itu untuk klubnya saat ini, FC Utrecht, yang telah dibela sejak 2013.

4. Roberto Carlos – 65 Gol

Roberto Carlos (Foto: Sportskeeda)

Roberto Carlo menempati posisi keempat dalam daftar ini berkat torehan 65 gol sepanjang kariernya. Roberto Carlo adalah bek yang memiliki tendangan sangat keras. Dia pun jago mengeksekusi tendangan bebas. Kemampuan itu membuatnya akrab dengan gawang lawan.

Meski daftar ini berdasarkan torehan di level klub, tetapi gol ikonik Roberto Carlos ini layak diperbincangkan. Salah satu gol ikonik Roberto Carlos tercipta ke gawang Prancis dalam gelaran Tournoi de France.

Tendangan bebas Roberto Carlos saat itu melengkung sehingga kiper Prancis, Fabien Barthez, hanya terdiam melihat bola masuk ke dalam gawangnya. Gol spektakuler Roberto Carlos itu sayangnya tidak berbuah kemenangan untuk Brasil karena Prancis mampu menyamakan kedudukan jadi 1-1.

3. James Tavernier – 67 Gol

James Tavernier (Foto: Sportskeeda)

James Tavernier telah membuat 67 gol sejak melakukan debut professional bersama Newcastle United pada 2009 silam. Selain Gol, Tavernier juga pengumpan andal sehingga bisa mencatatkan 96 assist hingga sekarang. Ketajaman dan kreativitas Tavernier menguntungkan bagi Glasgow Rangers, klub yang sudah dibelanya selama enam musim terakhir ini.

2. Rene Aufhauser – 71 Gol

Rene Aufhauser (Foto: Sportskeeda)

Rene Aufhauser telah mencetak 71 gol sepanjang karier profesionalnya. Jumlah gol itu cukup luar biasa untuk Rene yang bermain di posisi bek tengah. Masa tersubur Rene terjadi saat dirinya membela RB Salzburg di Liga Austria. Rene membuat 50 gol dant turut membantu klubnya tiga kali menjuarai Liga Austria.

1. Sergio Ramos

Sergio Ramos (Foto: Reuters)

Posisi pertama ditempati oleh kapten Real Madrid, Sergio Ramos. Pemain asal Spanyol itu sudah mencetak 103 gol sepanjang karier profesionalnya. Ramos bisa mencetak gol dengan kaki maupun kepala seperti seorang penyerang.

Sebanyak tiga gol diciptakan Ramos untuk Sevilla, sedangkan sisanya dibuat saat berseragam Madrid. Gol teranyar Ramos tercipta saat membantu Madrid menang dramatis 3-2 atas Inter Milan pada pertandingan ketiga Grup B Liga Champions 2020-2021.

Jumlah gol Ramos masih mungkin bertambah meski sudah berumur 34 tahun. Ramos tampak fit dan bugar untuk pemain seumurannya. Bek tengah andalan Madrid itu diperkirakan bisa bermain di level tertinggi untuk dua tahun lagi.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini