Jurgen Klopp Bikin Liverpool Garang seperti Dulu

Andika Pratama, Jurnalis · Rabu 18 November 2020 17:37 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 18 45 2311851 jurgen-klopp-bikin-liverpool-garang-seperti-dulu-kcAGIafYJi.JPG Jurgen Klopp (Foto: Premier League)

LIVERPOOL – Juru taktik veteran, Sven-Goran Eriksson, menyanjung kinerja Jurgen Klopp sebagai manajer Liverpool. Menurutnya, Klopp telah melakukan pekerjaan luar biasa dengan membawa Liverpool kembali disegani seperti dulu.

Klopp datang ke Liverpool menggantikan Brendan Rodgers pada pertengahan musim 2015-2016. Klopp, yang punya pengalaman manis memoles Borussia Dortmund, melakukan hal serupa di Liverpool.

Jurgen Klopp (Foto: Premier League)

Namun, era awal Klopp di Liverpool tidak berjalan mulus. Liverpool mampu tampil apik, tetapi kerap gagal meraih trofi. Meski begitu, masa sulit itu dibutuhkan Liverpool untuk berkembang menjadi tim kuat dan bermental baja seperti sekarang.

Liverpool mulai memetik buah dari kinerja Klopp pada dua musim lalu saat menjuarai Liga Champions. Sejak itu, Liverpool menambah tiga trofi lagi ke lemari prestasinya. Liverpool menjuarai Piala Super Eropa 2019-2020, Piala Dunia Klub 2019-2020, dan Liga Inggris 2019-2020.

Keberhasilan Liverpool menjuarai Liga Inggris pada musim lalu sangat spesial. Sebab, prestasi itu mengakhiri 30 tahun penantian Liverpool untuk kembali menjadi tim terbaik di Liga Inggris.

BACA JUGA: Jika Jurgen Klopp Berhenti, Pelatih Ini Mau Melamar Kerja ke Liverpool

Kinerja Klopp di Liverpool membuat Eriksson kagum. Eriksson, yang merupakan penggemar Liverpool, senang melihat permainan The Reds sekarang. Dia pun berharap The Reds akan tetap perkasa untuk waktu yang lama.

"Klopp adalah manajer Liverpool (yang paling saya kagumi). Saya berpikir tentang pekerjaannya dengan Liverpool akhir-akhir ini. Saya tidak berbicara tentang musim lalu, tetapi bahkan musim sebelumnya juga bagus,” kata Eriksson, mengutip dari Sky Sports, Rabu (18/11/2020).

“Tim ini memainkan sepakbola yang sangat bagus. Dia membuat para pemain bekerja sangat, sangat keras dan Anda bisa melihatnya di pertandingan. Lalu, mereka memenangkan gelar,” tuturnya.

“Membawa Liverpool juara Liga Inggris lagi setelah bertahun-tahun, itu luar biasa. Saya pikir dia telah membuat Liverpool menjadi, seperti mereka bertahun-tahun yang lalu. Saya berharap mereka tetap di sana,” ucap Eriksson.

BACA JUGA: Untuk Fans Man United, Sir Alex Ferguson Bukan Pelatih dengan Rezim Terlama

Sementara itu, Liverpool, yang diidolai Eriksson, sedang diterpa badai cedera. Sebanyak delapan pemain Liverpool berada di ruang perawatan. Mereka adalah Virgil van Dijk, Trent Alexander-Arnold, Joe Gomez, Thiago Alcantara, Fabinho, Alex Oxlade-Chamberlain, Jordan Henderson, dan Mohamed Salah.

Mereka kemungkinan besar absen saat Liverpool melawan Leicester City pada pekan kesembilan Liga Inggris di Anfield Stadium, Senin 23 November 2020, dini hari WIB. Meski tidak diperkuat delapan pemain inti, Liverpool tidak boleh kalah dari Leicester demi kembali ke puncak klasemen sementara. Liverpool kini menempati posisi ketiga dengan koleksi 17 poin tertinggal satu angka dari Leicester.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini