Jika Jurgen Klopp Berhenti, Pelatih Ini Mau Melamar Kerja ke Liverpool

Andika Pratama, Jurnalis · Rabu 18 November 2020 17:08 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 18 45 2311834 jika-jurgen-klopp-berhenti-pelatih-ini-mau-melamar-kerja-ke-liverpool-i8yu14rgfX.jpg Jurgen Klopp (Foto: Premier League)

LIVERPOOL – Juru taktik veteran, Sven-Goran Eriksson, ternyata merupakan penggemar Liverpool sejak kecil. Dia pun memiliki impian untuk menukangi Liverpool di masa depan saat Jurgen Klopp sudah berhenti dari jabatannya.

Eriksson memiliki segudang pengalaman di dunia kepelatihan. Karier kepelatihannya dimulai saat menukangi klub kasta kedua Liga Swedia, Degerfors, pada musim 1977-1978.

Sven-Goran Eriksson (Foto: Reuters)

Eriksson total telah melatih 16 tim berbeda hingga sekarang. Pekerjaan terakhir juru taktik asal Swedia itu adalah melatih Filipina pada 2018 hingga 2019. Selama berkarier, Eriksson telah meraih 18 trofi bergengsi.

Karier terbaik Eriksson sebagai pelatih tersaji saat menukangi Lazio pada 1997-2000. Eriksson membawa Gli Aquilotti –julukan Lazio– mendapatkan tujuh trofi yang diraih di Italia dan Eropa.

Setelah menukangi banyak tim, Eriksson ingin mewujudkan impiannya, yaitu melatih Liverpool. Akan tetapi, juru taktik berumur 72 tahun itu harus menunggu cukup lama agar impiannya terwujud. Sebab, kontrak Klopp di Liverpool baru akan berakhir pada 30 Juni 2024.

BACA JUGA: Untuk Fans Man United, Sir Alex Ferguson Bukan Pelatih dengan Rezim Terlama

Jika Klopp menuntaskan karier di Liverpool, Eriksson mungkin lebih dulu pensiun sebelum bisa mewujudkan impiannya. Akan tetapi, seandainya Klopp mundur atau dipecat sebelum kontraknya habis, Eriksson bisa melamar pekerjaan ke Liverpool.

“Anda tahu saya selalu menjadi pendukung Liverpool sepanjang hidup saya; sejak saya berumur empat, lima, enam tahun. Seperti ayah saya, dia masih menjadi pendukung Liverpool,” kata Eriksson, mengutip dari Sky Sports, Rabu (18/11/2020).

“Jadi, itu menjadi (impian saya) untuk mengelola Liverpool, tentunya. Akan tetapi, saya juga memiliki mimpi kedua dan itu adalah menjadi manajer Brasil,” tuturnya.

Sementara itu, Liverpool, yang diidolai Eriksson, sedang mengalami badai cedera. Sebanyak delapan pemain Liverpool sedang berada di ruang perawatan. Mereka adalah Virgil van Dijk, Trent Alexander-Arnold, Joe Gomez, Thiago Alcantara, Fabinho, Alex Oxlade-Chamberlain, Jordan Henderson, dan Mohamed Salah.

BACA JUGA: Meski Negatif Covid-19, Salah Tetap Absen saat Liverpool vs Leicester

Mereka kemungkinan besar absen saat Liverpool melawan Leicester City pada pekan kesembilan Liga Inggris di Anfield Stadium, Senin 23 November 2020, dini hari WIB. Meski tidak diperkuat delapan pemain inti, Liverpool tidak boleh kalah dari Leicester.

Kemenangan atas Leicester akan membawa Liverpool ke puncak klasemen sementara. Liverpool kini menempati posisi ketiga dengan koleksi 17 poin tertinggal satu angka dari Leicester.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini