Pemain Bertumbangan, Southgate Khawatir Diprotes Klub Liga Inggris

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Senin 16 November 2020 15:47 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 16 51 2310428 pemain-bertumbangan-southgate-khawatir-diprotes-klub-liga-inggris-EmiRTJOSzJ.JPG Gareth Southgate khawatir diprotes klub-klub Inggris (Foto: Reuters/Nick Potts)

LEUVEN – Masalah kebugaran pemain menjadi topik utama belakangan ini, terutama di Liga Inggris. Sebab, sejumlah pemain malah masuk ruang perawatan akibat cedera. Pelatih Tim Nasional (Timnas) Inggris, Gareth Southgate, yakin klub-klub akan mengajukan protes demi melindungi pemainnya.

Tiga orang pemain Timnas Inggris mengalami cedera usai The Three Lions ditekuk Belgia pada matchday kelima UEFA Nations League 2020-2021, Senin (16/11/2020) dini hari WIB. Ketiga pemain yang kondisinya mengkhawatirkan itu adalah Ben Chilwell, Jordan Henderson, dan Raheem Sterling.

Para pemain itu menambah panjang daftar penggawa Timnas Inggris yang cedera saat dipanggil. Nama terakhir yang mengalami nasib nahas itu adalah bek asal klub Liverpool, Joe Gomez. Kebugaran para pemain itu rontok karena padatnya jadwal pertandingan.

Baca juga: Pertahanan Keropos, Rekor Kandang Liverpool di Liga Inggris dalam Ancaman Leicester

Timnas Inggris tumbang dari Belgia (Foto: Reuters)

Tentu saja, klub menjadi pihak paling rugi dengan cederanya pemain ketika memperkuat timnas. Gareth Southgate sadar akan fakta tersebut. Ia cemas klub-klub Liga Inggris akan mengajukan protes dengan cara menarik para pemainnya dari laga kontra Islandia.

“Kami akan mengetahuinya dalam beberapa hari ke depan karena pasti akan ada semacam tekanan dari sejumlah klub mengenai pemainnya,” ujar Gareth Southgate, dikutip dari Daily Mail, Senin (16/11/2020).

“Ini adalah sesuatu yang harus Anda hadapi secara konstan. Namun, kami memiliki pemain yang ingin merumput untuk Inggris. Kami sangat bangga dengan permainan tim dan ingin mengakhiri kompetisi ini sejauh mungkin,” imbuh pria berkebangsaan Inggris itu.

Ya, Inggris masih akan memainkan satu laga terakhir kontra Islandia di London pada Kamis 19 November 2020 dini hari WIB. Laga tersebut sudah tidak menentukan lagi karena Jack Grealish dan kawan-kawan sudah pasti gagal melangkah ke putaran final UEFA Nations League 2020-2021.

Karena itu, Gareth Southgate didesak untuk melakukan rotasi pada skuadnya. Selain pertandingan sudah tidak terlalu penting, eksperimen dapat berguna untuk melihat potensi dari seluruh pemain yang dipanggilnya pada jeda internasional kali ini.

Kebugaran pemain memang menjadi perhatian utama mengingat musim 2019-2020 terlambat selesai akibat pandemi Covid-19. Alih-alih selesai pada Mei 2020, Liga Inggris dan beberapa kompetisi baru dirampungkan pada Juli-Agustus lalu.

Konsekuensinya, jadwal pada musim berikutnya, menjadi semakin padat. Sudah jadwal bersama klub dipadatkan, pemain juga harus memenuhi kewajiban membela timnas. Karena itu, wajar apabila banyak pemain mengalami cedera.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini