Joe Gomez Cedera, Liverpool Dapat Kompensasi dari FIFA

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Minggu 15 November 2020 14:30 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 15 51 2309925 joe-gomez-cedera-liverpool-dapat-kompensasi-dari-fifa-kXdhA4tEOi.jpg Joe Gomez cedera saat berlatih di Timnas Inggris (Foto: FA)

LONDON – Liverpool bisa sedikit bernafas lega terkait cedera Joe Gomez. Bukan karena masa pemulihan berlangsung lebih singkat, melainkan mereka bakal mendapat dana kompensasi dari Federasi Sepakbola Internasional (FIFA) sebesar 2 juta poundsterling (setara Rp37,3 miliar).

Seperti diketahui, Joe Gomez dihantam cedera lutut pada sesi latihan bersama Tim Nasional (Timnas) Inggris, Rabu 11 November 2020. Pemain berusia 23 tahun itu dikhawatirkan bakal absen cukup panjang, yakni hingga akhir musim 2020-2021.

Mengingat cedera tersebut terjadi bersama Timnas Inggris, Liverpool bakal mendapat kompensasi uang dari FIFA. Dikutip dari Daily Mail, Minggu (15/11/2020), besaran uang kompensasi tersebut senilai 2 juta poundsterling.

Baca juga: Cedera Panjang, Joe Gomez: Sampai Jumpa Lagi

Joe Gomez cedera saat berlatih dengan Timnas Inggris (Foto: Reuters)

Pihak Asosiasi Sepakbola Inggris (FA) sudah mengonfirmasi bahwa FIFA akan membayar kompensasi tersebut. Sebab, setiap penggawa Timnas Inggris mendapat asuransi dari program proteksi FIFA, yang bisa langsung diklaim oleh klub jika pemainnya cedera saat dipanggil The Three Lions.

Namun, kompensasi baru bisa dibayarkan jika pemain yang dipanggil cedera dalam pertandingan level A, termasuk persahabatan, dan sesi latihan. FIFA akan menghitung kompensasi secara pro rata hingga Joe Gomez bisa kembali berlatih.

Nilai maksimal dari kompensasi itu adalah 6,75 juta poundsterling (setara Rp125,9 miliar). Angka tersebut diperoleh dari maksimal absen selama 365 hari (setahun) dikali 18.430 poundsterling (setara Rp343 juta) per hari.

Sayangnya, program proteksi itu tidak akan menghitung 28 hari pertama dari cedera pemain. Pun begitu, Liverpool tetap mendapat sekira 2 juta poundsterling. Yang pasti, Liverpool tidak terlalu butuh uang pengganti, melainkan kesembuhan secepatnya dari Joe Gomez.

Dengan cederanya pemain keturunan Spanyol itu, Liverpool kini praktis hanya memiliki seorang bek tengah fit, Joel Matip. Satu bek lainnya sudah lebih dulu cedera panjang, yakni Virgil van Dijk, gara-gara dihajar oleh Jordan Pickford pada Derby Merseyside beberapa waktu lalu.

Belum diketahui berapa lama Joe Gomez akan menepi. Liverpool disebut-sebut tengah mengincar seorang bek baru pada bursa transfer musim dingin 2020. Sayangnya, mereka harus mencari seorang bek tengah alternatif dari skuad yang ada pada sisa 11 pertandingan hingga jendela dibuka.

Beberapa nama bek muda dari tim cadangan pun mengemuka. Deretan pemain itu mulai dari Rhys Williams, Sepp van den Berg, Nathaniel Phillips, dan Billy Koumetio. Hingga Januari 2020, nama-nama tersebut setidaknya akan mendapat pengalaman merumput yang berharga.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini