Banding Napoli atas Kekalahan 0-3 dari Juventus Ditolak

Bagas Abdiel, Jurnalis · Rabu 11 November 2020 02:55 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 11 47 2307605 banding-napoli-atas-kekalahan-0-3-dari-juventus-ditolak-MaKkuijUwT.jpg Napoli (Foto: Reuters)

NAPOLI – Badan Arbitrase Olahraga (CAS) resmi menolak banding Napoli yang menelan kekalahan WO dengan skor 0-3 dari Juventus di Liga Italia 2020-2021. Tak hanya itu, CAS juga memutuskan Napoli akan tetap mendapat pengurangan satu poin.

Sebelumnya, Serie A memberikan hukuman kepada Napoli karena melewatkan laga kontra Juventus pada 4 Oktober 2020. Awalnya, Napoli beralasan absen di laga tersebut karena mereka dilarang berpergian oleh otoritas kesehatan setempat karena dua pemain Napoli positif Covid-19.

Napoli

Namun, setelah penyelidikan, Serie A akhirnya memutuskan memberi kemennagan Juventus dengan skor 3-0 ditambah Napoli mendapat pengurangan satu poin. Dalam keputusannya, Serie A tidak menemukan situasi force majeure yang membuat Napoli harus absen dalam laga tersebut.

Pada Selasa, 10 November 2020 waktu setempat, CAS pun mendukung keputusan Serie A untuk menjatuhkan hukuman kepada Napoli. CAS menyebut skuad asuhan Gennaro Gattuso itu pantas mendapatkan hukuman tersebut.

Baca juga Tumbangkan Bologna, Napoli Tembus Tiga Besar

“Napoli pantas mendapatkan sanksi karena sama sekali tidak mungkin bagi mereka untuk mengambil bagian dalam pertandingan tersebut. Sikap Napoli secara efektif menciptakan alibi bagi diri mereka sendiri untuk tidak bermain,” bunyi pernyataan CAS, seperti dilansir pada Rabu (11/11/2020).

“Perilaku mereka di hari-hari menjelang pertandingn sudah ditujukan untuk tidak bermain, dengan jelas melanggar prinsip-prinsip dasar yang melandasi keadilan olahraga, yaitu kedalian, kesopanan, dan kejujuran,” tambahnya.

Meski begitu, Napoli tidak ingin menyerah. Mereka mengindikasikan akan mengajukan banding atas kasus mereka CONI, otoritas olahraga Italia. Hal itu diungkapkan oleh Napoli melalui pernyataan resminya.

“Napoli sedang mempersiapkan permohonan bandin ke Collegio di Garanzia dello Sport dari CONI,” bunyi pernyataan tersebut.

“Klub sama sekali tidak setuju dengan hukuman tersebut, yang menimbulkan kecaman yang tidak dapat diterima atas perilaku klub, mengabaikan dokumentasi yang sangat jelas yang menguntungkannya dan mendelegitimasi otoritas asosiasi kesehatan regional,” tambah pernyataan tersebut.

“Napoli selalu berusaha untuk mempertahankan nilai-nilai keadilan dan prestasi olahraga, jadi dalam kasus ini juga kami akan mengikuti setiap jalan hukum untuk memastikan keadilan atas perilakunya, yang menghormati kesehatan masyarakat dan meminta agar lapangan menjadi satu-satunya hakim yang memutuskan keputusan hasil pertandingan sepak bola,” tutup pernyataan tersebut.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini