Legenda Bela Firmino yang Seret Gol Bersama Liverpool

Andika Pratama, Jurnalis · Rabu 04 November 2020 17:10 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 04 261 2304176 legenda-bela-firmino-yang-seret-gol-bersama-liverpool-Czsdy4EZYP.jpg Roberto Firmino (Foto: Twitter/@Squawka)

LIVERPOOL – Legenda Liverpool, John Barnes, menilai Roberto Firmino memiliki peran berbeda ketimbang penyerang-penyerang lain sehingga tidak mempermasalahkan jumlah gol pemain asal Brasil itu. Firmino baru mencetak satu gol pada musim 2020-2021.

Firmino dalam sistem permainan Liverpool bukanlah penyerang yang dituntut untuk mencetak banyak gol. Pemain asal Brasil itu justru lebih bertugas untuk membuka ruang di pertahanan lawan sehingga Mohamed Salah dan Sadio Mane bisa mendapatkan peluang.

Roberto Firmino (Foto: Twitter/@SquawkaNews)

Peran itu membuat Firmino tidak setajam Salah dan Mane. Akan tetapi, keberadaan Firmino begitu penting bagi Liverpool untuk membongkar pertahanan lawan. Saat Firmino tidak bermain, Salah dan Mane biasanya bekerja lebih keras untuk mendapatkan peluang berbahaya.

Oleh sebab itu, Barnes memaklumi catatan gol Firmino untuk Liverpool. Barnes menilai Firmino punya peran vital dalam permainan Liverpool meski jarang mencetak gol.

BACA JUGA: Atalanta Awalnya Tak Takut, tapi Kini Sudah Tahu Kengerian Liverpool

“Tidak (Saya tidak khawatir dengan ketajaman Firmino), itulah jawabannya. Peran Firmino sedikit berbeda dan ini belum tentu tentang menjaring bola ke gawang lawan,” ucap Barnes, menyadur dari The Independent, Rabu (4/11/2020).

“Faktanya, dia (Firmino) membawa lebih banyak hal untuk tim daripada sekedar gol. Dukungan Firmino untuk Salah dan Mane di depan gawang, dan bagi keduanya untuk memimpin daftar pencetak gol, telah membuat tim ini tampil baik, yang menjadi sangat jelas musim lalu,” tuturnya.

Liverpool pun kini sudah punya pemain lain yang bisa diandalkan, jika butuh lebih banyak gol. Pemain yang dimaksud, adalah Diogo Jota. Pemain yang baru dibeli itu, tampil cukup baik pada musim ini.

Jota sudah membuat tujuh gol untuk Liverpool sejauh ini. Trigol teranyar Jota tercipta sewaktu menjadi starter Liverpool saat menang telak 5-0 atas Atalanta pada pertandingan ketiga Grup D Liga Champions musim ini. Kemenangan di kandang Atalanta, Stadio Atleti Azzuri d’Italia itu, membuat Liverpool memuncaki klasemen sementara dengan koleksi sembilan poin.

BACA JUGA: Atalanta Dibantai Liverpool 0-5, Muriel Sulit Berkomentar

Ketajaman Jota membuat Pelatih Liverpool, Jurgen Klopp, memiliki opsi selain trio Firmansah (Firmino, Mane, dan Salah) untuk lini depan timnnya. Jota bisa menggantikan posisi Firmino jika Klopp ingin Liverpool lebih agresif seperti waktu membantai Atalanta.

Jika menilik ketajaman Jota, Klopp mungkin akan memasangnya kembali sebagai starter saat Liverpool melawan Manchester City di Liga Inggris. Pertandingan akbar itu akan berlangsung di kandang Man City, Etihad Stadium, Minggu 8 November 2020, malam WIB.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini