Kunci Jack Brown Jadi Top Skor Timnas Indonesia U-19 di Kroasia

Ramdani Bur, Jurnalis · Senin 02 November 2020 13:45 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 02 51 2302753 kunci-jack-brown-jadi-top-skor-timnas-indonesia-u-19-di-kroasia-WwMiR0kgfg.jpg Jack Brown saat bobol gawang Makedonia Utara. (Foto: PSSI)

JAKARTA – Gelandang serang yang juga dapat dimainkan sebagai penyerang, Jack Brown, mengungkapkan kunci suksesnya menjadi top skor Tim Nasional (Timnas) Indonesia U-19 selama menjalani pemusatan latihan (TC) di Kroasia. Pesepakbola 17 tahun itu mengaku dapat mencetak banyak gol karena mendapat dukungan dari rekan-rekannya di Timnas Indonesia U-19.

“Adaptasi saya memang cepat. Semua teman-teman di Timnas U-19 Indonesia baik sekali kepada saya," kata Jack Brown saat ditemui di salah satu hotel di Jakarta, setelah baru saja mendarat di Indonesia pada Selasa 27 Oktober 2020.

Jack Brown

(Jack Brown sempat mengalami masalah engkel)

Jack Brown yang merupakan pemain keturunan Indonesia-Inggris tidak dalam kondisi optimal ketika awal menjalani TC di Kroasia. Setibanya di Negeri Vatreni tersebut, adik dari George Brown itu mengalami cedera engkel.

Akibatnya, Jack Brown melewati lima laga awal Timnas Indonesia U-19 selama berada di Kroasia. Sebut saja saat Timnas Indonesia U-19 tumbang 0-3 dari Bulgaria, kalah 1-7 dari Kroasia, serta menang 2-1 atas Qatar serta imbang 3-3 kontra Arab Saudi dan 1-1 (Qatar).

Baru di laga keeenam, Jack Brown turun, tepatnya saat menghadapi Bosnia & Herzegovina. Saat itu Jack Brown yang tampil sebagai starter dimainkan bersama sejumlah pemain pelapis.

Sekadar informasi, saat itu pelatih Timnas Indonesia U-19 Shin Tae-yong memang sengaja mencadangkan sejumlah pemain utama demi melakukan penyegaran kepada David Maulana. Apes bagi Jack Brown, ketika ditarik keluar di awal babak kedua, pemain-pemain inti justru dimasukkan Shin Tae-yong.

Timnas Indonesia U-19

Aksi Jack Brown baru menggeliat saat Timnas Indonesia U-19 menang 4-1 atas Makedonia Utara. Dalam laga ini, Jack Brown sebenarnya tidak bermain sebagai starter. Pesepakbola bertinggi badan 175 sentimeter itu baru bermain di menit 20 menggantikan penyerang Braif Fatari yang mengalami cedera.

BACA JUGA: 9 Pemain Keturunan Gabung Timnas Indonesia U-19, Siapa Saja?

Kesempatan ini tidak disia-siakan Jack Brown. Di babak pertama, kiprah Jack Brown tidak terlalu menonjol karena kurang mendapat suplai dari David Maulana dan kawan-kawan.

Baru di babak kedua, ia tampil luar biasa. Jack Brown mencetak gol kedua Timnas U-19 Indonesia di laga ini pada menit 58, setelah memanfaatkan kemelut di muka gawang Makedonia Utara.

Jack Brown

(Jack Brown juru gedor andalan Timnas Indonesia U-19)

Saat itu sepakan penjuru Witan Sulaeman menciptakan kemelut yang kemudian dimanfaatkan Jack Brown untuk membobol gawang lawan. Selanjutnya 11 menit berselang, Jack Brown lagi-lagi mencetak gol bagi Timnas U-19 Indonesia.

Memanfaatkan umpan silang Amiruddin Bagas Kaffa, sepakan jarak dekat Jack Brown tak dapat didapat kiper Makedonia Utara. Singkat kata berkat bantuan Jack Brown, Timnas U-19 Indonesia menang 4-1 atas Makedonia Utara.

Sementara itu, satu gol lainnya dicetak Jack Brown saat Timnas Indonesia U-19 menang 4-0 atas Hajduk Split. Wajib bagi Jack Brown meningkatkan kemampuannya dalam mencetak gol. Sebab, sejumlah penyerang seperti Bagus Kahfi atau Noah Gesser bisa menggeser pemain yang baru saja memutus kontrak dengan klub asal Inggris, Lincoln City, tersebut.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini