Bagas Kaffa Tak Masalah Pemain Keturunan Perkuat Timnas Indonesia U-19 yang Penting Berkualitas

Rachmat Fahzry, Jurnalis · Minggu 01 November 2020 12:37 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 01 51 2302320 bagas-kaffa-tak-masalah-pemain-keturunan-perkuat-timnas-indonesia-u-19-yang-penting-berkualitas-ZmShKwbEA3.jpg Jack Brown. (Foto/PSSI)

JAKARTA – Bek Tim Nasional (Timnas) Indonesia, Bagas Kaffa tak mempermasalahkan pemain keturunan Indonesia yang memperkuat skuad Garuda Muda. Dia tak keberatan pemain berdarah menjadi ekan setimnya di Timnas Indonesia U-19, asalkan sang pemain memiliki kualitas yang sama untuk standar timnas. 

Saat ini, Timnas Indonesia U-19 sudah diperkuat empat pemain keturunan. Mereka adalah Elkan Baggott, Jack Brown, Kelana Mahessa dan Luah Mahesa.

Foto/PSSI

Elkan Baggott merupakan pemain keturunan Indonesia-Inggris, yang bermain dengan tim asal Inggris, Ipswich Town. Sementara Jack Brown juga keturunan Indonesia-Inggris, yang sebelumnya bermain dengan Lincoln City, klub asal Inggris.

Baca juga: Joseph Simatupang, Pemain Blackburn yang Berpeluang Bela Timnas Indonesia U-19

Dua nama pemain keturunan yang baru bergabung dengan Timnas Indonesia U-19 adalah kakak-beradik, Kelana dan Luah. Keduanya merupakan keturunan Indonesia-Jerman yang bermain untuk Bonner SC.

Foto/PSSI

Pelatih Timnas Indonesia U-19, Shin Tae-yong mengungkapkan akan menambah skuadnya dengan pemain keturunan. Dia menjelaskan sudah membidik beberapa nama pemain yang bermain di luar negeri.

Sejauh ini, ada sembilan pemain keturunan yang sudah ada dalam radar pelatih asal Korea Selatan itu. Namun, dia belum mengungkapkan nama-nama pemain keturunan yang sudah menjadi incarannya.

Menanggapi pergerakan pelatihnya yang ingin merekrut pemain keturunan ke Timnas Indonesia U-19, Bagas tidak tak memiliki masalah. Menurutnya, faktor penting adalah sang pemain yang nantinya akan bergabung bisa membantu tim dalam setiap pertandingan.

"Saya tidak masalah ada pemain keturunan di Timnas U-19 Indonesia. Yang paling penting, menurut saya pemain keturunan itu harus memiliki kualitas yang bagus," kata Bagas.

"Jadi mereka bisa membantu tim dalam setiap pertandingan dengan bagus," tambah pemain milik Barito Putera itu.

Foto/PSSI

Bagas menjelaskan, sejauh ini Jack Brown dan Elkan Baggott sudah bisa beradaptasi dengan baik oleh rekan-rekannya di Timnas Indonesia-19. Sedangkan kakak-adik, Mahesa masih berjuang untuk beradaptasi.

Foto/PSSI

Kelana dan Luah baru bergabung bersama Timnas Indonesia-19 menjelang pemusatan latihan di Kroasia berakhir. Keduanya latihan bersama timnas pada pada 21 Oktober 2020, sementar latihan berakhir pada 27 Oktober 2020.

Foto/Okezone

"Kalau dua pemain baru yang datang menurut saya mereka bagus tapi mungkin kurang beradaptasi dengan pemain lainn," ungkpa Bagas.

Skuad Timnas Indonesia U-19 setelah pulang dari latihan di Kroasia diberikan waktu libur. Mereka akan kembali latihan pada Rabu 4 November 2020 secara virtual.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini