Joseph Simatupang, Pemain Blackburn yang Berpeluang Bela Timnas Indonesia U-19

Andika Pratama, Jurnalis · Sabtu 31 Oktober 2020 07:53 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 31 51 2301857 joseph-simatupang-pemain-blackburn-yang-berpeluang-bela-timnas-indonesia-u-19-vkM1L98VWP.jpg Joseph Simatupang (Foto: Instagram/@josephsimaferguson)

PEMAIN muda Blackburn Rovers, Joseph Simatupang Ferguson, mungkin membela Tim Nasional (Timnas) Indonesia U-19 di masa depan. Sebab, ia memiliki darah Indonesia dari Ibunya yang berasal dari Pontianak.

Joseph lahir di Manchester pada 10 Agustus 2002. Saat berumur 11 tahun, Joseph bergabung ke Blackburn untuk mengembangkan bakat sepakbolanya. Kemampuan Joseph pun semakin meningkat seiring waktu berjalan.

Joseph Simatupang (Foto: Instagram/@josephsimaferguson)

Joseph yang bermain sebagai bek kanan, bermain bersama Blackburn U-18 pada musim 2020-2021. Pemain keturunan Indonesia itu sudah enam kali tampil di Liga Inggris U-18 musim ini dengan torehan satu assist.

Jika Pelatih Timnas Indonesia U-19, Shin Tae-yong, mencari sosok untuk memperkukuh pertahanan, Joseph mungkin adalah jawabannya. Joseph layak dicoba bukan hanya karena pemain keturunan, melainkan kemampuannya mengolah si kulit bundar.

Lagi pula, pertahanan Timnas Indonesia U-19 pun tidak terlalu kukuh ketika melakukan pemusatan latihian di Kroasia. Timnas Indonesia U-19 kebobolan 17 gol dalam 11 pertandingan. Keberadaan Joseph bisa menambal lubang di pertahanan Timnas Indonesia U-19.

BACA JUGA: Dennis Wise Ingin Jebolan Garuda Select Bersinar di Timnas Indonesia

Bakat Joseph bisa dicoba Shin pada pemusatan latihan berikutnya di Belanda. PSSI berencana untuk mengadakan pemusatan latihan di Negeri Kincir Angin karena kualitas sepakbola dan banyaknya pemain keturunan di sana.

Jadi, Joseph kemungkinan besar bukan satu-satunya pemain keturunan yang akan dicoba Shin di Belanda. Akan tetapi, tanggal keberangkatan Timnas Indonesia U-19 ke Belanda belum ditentukan karena PSSI masih mengurus perizinannya. Lokasi pemusatan latihan pun bisa berubah jika perizinan ke Belanda tidak terpenuhi. Meski begitu, seleksi terhadap pemain keturunan akan tetap dilakukan di mana pun lokasi pemusatan latihannya.

(mrh)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini