5 Pemain yang Tak Tergantikan di Klub dan Tim Nasional

Ezha Herdanu, Jurnalis · Sabtu 31 Oktober 2020 14:51 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 31 51 2302003 5-pemain-yang-tak-tergantikan-di-klub-dan-tim-nasional-e00btHeS48.jpg Para pemain Barcelona (Foto: @FCBarcelona/Twitter)

DALAM sepakbola modern seperti pada saat ini, para pemain memang dituntut untuk bisa terus menjaga kebugaran fisiknya, terutama bagi mereka yang berstatus andalan di klub dan tim nasionalnya. Terlebih dalam satu musim kompetisi, tim-tim biasa menjalani 50 hingga 60 laga.

Dengan tuntutan besar yang diemban klub ataupun Timnas, wajar jika mereka sangat berharap para pemain andalannya bisa terus bermain. Meski mustahil, nyatanya setidaknya ada lima pemain yang nyaris tidak tergantikan posisinya baik bersama klub atau pun Timnas.

Berikut lima pemain yang tak tergantikan di klub dan Timnas:

5. Son Heung-Min (Tottenham Hotspur/Korea Selatan)

Son Heung-min

Pada awal kedatangan Son ke Tottenham, banyak memprediksi bahwa ia hanya bakal menjadi penghangat bangku cadangan. Namun nyatanya, Son justru berhasil menunjukkan kontribusi luar biasa bagi The Lilywhites –julukan Tottenham.

Bahkan pada musim 2020-2021, Son menjadi salah satu pemain dengan sumbangan gol terbanyak bagi Tottenham, yakni 10 gol dari 10 laga. Bersama Timnas Korea Selatan (Korsel), Son juga menjadi andalan dan dipercaya sebagai kapten Taeguk Warriors –julukan Timnas Korsel.

4. Gianluigi Donnarumma (AC Milan/Italia)

Gianluigi Donnarumma

Pada awal kemunculan Donnarumma bersama tim utama Milan, ia memang sudah diprediksi bakal menjadi pemain besar. Terlebih pada laga debutnya, Donnarumma sendiri memang tampil luar biasa dalam mengawal gawang Rossoneri –julukan Milan.

Dengan usia Donnarumma kini baru 21 tahun, ia pun diprediksi bakal menjadi pemain besar. Hal tersebut dengan nyaris tak tergantikan tempatnya bersama skuad utama Milan. Hal serupa juga dialami Donnarumma bersama Timnas Italia. Bahkan Donnarumma dipercaya mengikuti jejak seniornya, yakni Gianluigi Buffon, untuk membawa Gli Azzurri –julukan Timnas Italia– meraih prestasi gemilang.

3. Virgil van Dijk (Liverpool/Belanda)

Virgil van Dijk

Ketika Liverpool merekrut Van Dijk dari Southampton pada bursa transfer musim dingin 2018, banyak yang memprediksi bahwa manajemen The Reds –julukan Liverpool– melakukan perjudian. Terlebih dengan nilai transfer yang sangat tinggi, yakni 85 juta euro atau sekira Rp1,4 triliun.

Akan tetapi keputusan itu nyatanya sangat tepat, lantaran Van Dijk berhasil menunjukkan performa luar biasa di lini pertahan Liverpool. Bahkan Van Dijk berhasil membantu Liverpool menjuarai Liga Champions dan Liga Inggris hanya dalam waktu dua tahun setengah pasca-bergabung. Peran serupa juga dirasakan Van Dijk bersama Timnas Belanda, yang mana ia sangat diandalkan di lini pertahanan.

2. Lionel Messi (Barcelona/Argentina)

Lionel Messi

Perjalanan karier Messi bersama Barca memang berjalan luar biasa sejak ia melakoni laga debutnya. Bahkan hingga kini, Messi masih menjadi pemain yang sangat diandalkan Blaugrana –julukan Barca– untuk bisa meraih banyak trofi.

Seperti di Barca, posisi Messi bersama Timnas Argentina juga hampir tidak bisa digantikan. Bahkan ketika Messi sempat memutuskan vakum dari Timnas Argentina, banyak yang meminta La Pulga –julukan Messi– untuk segera kembali. Meski hingga kini, Messi belum mampu mempersembahkan gelar prestisius bagi Tim Tango –julukan Timnas Argentina.

1. Cristiano Ronaldo (Juventus/Portugal)

Cristiano Ronaldo

Sama seperti Lionel Messi di Barcelona, peran Ronaldo bersama Juve juga sangat vital. Ya, Ronaldo sendiri hingga kini masih menjadi andalan Bianconeri –julukan Juve– dalam urusan mencetak gol, serta meringankan langkah mereka meraih banyak gelar.

Bahkan saking vitalnya peran Ronaldo membuat Juve kerap kali meraih hasil kurang menjanjikan kala CR7 absen bermain. Di Timnas Portugal, kondisi serupa juga dialami Ronaldo. Ia pun menjadi aktor di balik keberhasilan Portugal menjuarai Piala Eropa 2016 dan UEFA Nations League (UNL) 2018-2019.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini