Sering Mainkan Aubameyang sebagai Sayap Kiri, Arteta Dikritik Legenda Arsenal

Ezha Herdanu, Jurnalis · Sabtu 31 Oktober 2020 13:36 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 31 45 2301977 sering-mainkan-aubameyang-sebagai-sayap-kiri-arteta-dikritik-legenda-arsenal-dtN76Et4U9.jpg Pierre-Emerick Aubameyang (Foto: Twitter/@Arsenal)

LONDON – Legenda Arsenal, Nigel Winerburn, memberikan kritikan terhadap keputusan pelatih eks klubnya itu, Mikel Arteta, soal kebiasaannya memainkan Pierre-Emerick Aubameyang sebagai sayap kiri. Sebab Winterburn berpendapat bahwa hal itu membuat ketajaman Aubameyang menurun signikan.

Sebagaimana diketahui, Aubameyang memang langsung menjadi mesin gol Arsenal sejak kedatangannya dari Borussia Dortmund pada Januari 2018. Bahkan dalam beberapa musim terakhir, Aubameyang jadi satu-satunya pemain Arsenal yang mampu mencetak lebih dari 20 gol.

Akan tetapi pada musim 2020-2021, ketajaman Aubameyang mengalami penurunan yang drastis. Bagaimana tidak, Aubameyang baru mampu menyumbangkan tiga gol dari delapan penampilannya bersama klub asal London Utara tersebut musim ini.

Pierre-Emerick Aubameyang

Penurunan ketajaman Aubameyan bersama Arsenal pun mendapatkan analisis dari pengamat. Salah satu faktor yang disebut-sebut jadi alasan utama penurunan ketajaman Aubameyang bersama Arsenal adalah pergeseran posisi.

Baca Juga: Man United vs Arsenal, Solskjaer Coba Ganggu Fokus Arteta dengan Pujian

Ya, di musim ini Aubameyang memang lebih banyak dimainkan oleh Arteta lebih melebar ke sisi kiri lini serang Arsenal. Hal tersebut dilakukan demi memberikan tempat kepada Alexandre Lacazette sebagai penyerang tengah The Gunners –julukan Arsenal.

Keputusan Arteta memainkan Aubameyang lebih melebar di sisi kiri lini serang Arsenal pun disoroti oleh Winterburn. Maka dari itu Arteta pun diminta oleh Winterburn untuk mengembalikan posisi Aubameyang sebagai ujung tombak Arsenal.

“Pierre-Emerick Aubameyang jelas kurang efektif saat melebar. Jika Anda melihat kembali semua laga yang dia mainkan untuk Arsenal, dia memulai dari posisi melebar dan telah mencetak banyak gol,” jelas Winterburn, seperti disadur dari Talksport, Sabtu (31/10/2020).

“Sulit untuk mengatakan apakah dia akan lebih efektif bermain di tengah karena dia didorong melebar agar sesuai dengan Alexandre Lacazette. Namun saat ini, Lacazette sedang melalui masa kering gol dan tidak menjadi pengubah permainan untuk Arsenal seperti dulu,” lanjutnya.

Baca Juga: Arteta Disebut Iri dengan Lini Depan Man United

“Anda harus mempertimbangkan bahwa mungkin dia tidak mendapat servis bola di dalam kotak penalti, jadi ketika tim Anda tidak menciptakan banyak peluang, selalu ada klaim bahwa Aubameyang harus bermain di lini tengah dan menjadi penyerang tengah utama.”

“Wajar jika para penggemar akan sangat frustrasi karena dia adalah pencetak gol terbanyak dan saat ini, dia tidak mencetak gol, bukan hanya karena dia bermain melebar, ada banyak hal yang lebih dari sekadar itu,” tuntas pria berusia 56 tahun tersebut.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini