Jadi Bek di Laga Juventus vs Barcelona, De Jong Siap Diduetkan dengan Pique?

Rivan Nasri Rachman, Jurnalis · Kamis 29 Oktober 2020 17:55 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 29 261 2301302 jadi-bek-di-laga-juventus-vs-barcelona-de-jong-siap-diduetkan-dengan-pique-8ErFFj49kP.jpg De Jong saat bermain sebagai bek dan sedang mengawal Morata. (Foto: Laman resmi UEFA)

TURIN – Ada kejadian menarik yang tersaji di laga Juventus vs Barcelona kala kedua tim tersebut bertemu di matchday kedua Grup G Liga Champions 2020-2021 pada Kamis (29/10/2020) dini hari WIB.

Kejadian menarik itu adalah bermainnya Frenkie de Jong sebagai bek tengah menemani Clement Lenglet ketika babak kedua laga Juventus vs Barcelona itu baru dimulai.

Bermain sebagai bek tengah jelas bukanlah sesuatu hal yang biasa terlihat dari De Jong. Ia lebih sering bermain di posisi gelandang tengah, yang mana posisi tersebut memang tempat bermainnya selama ini.

Baca Juga: Gagal Cetak Gol di Laga Juventus vs Barcelona, Griezmann Kena Semprot Koeman

De Jong vs Dybala

Akan tetapi, entah kenapa pelatih Barcelona, Ronald Koeman memasang De Jong ketika bek tengah mereka, Ronald Araujo mengalami cedera di babak pertama laga Juventus vs Barcelona tersebut. Alasan utamanya jelas karena Barcelona sedang krisis bek tengah ketika laga tersebut dimainkan.

Samuel Umtiti absen karena cedera dan Gerard Pique dilarang bermain lantaran habis terkena kartu merah di laga sebelumnya saat melawan Ferencvaros. Dengan kondisi itu, Koeman lantas hanya memiliki Lenglet dan Araujo.

Jadi, ketika Araujo juga ikutan cedera maka Koeman harus berpikir siapa yang pantas bermain di bek tengah. Menariknya ternyata jawaban itu adalah De Jong. Alasannya karena menurut Koeman, De Jong sudah beberapa kali bermain sebagai bek tengah saat membela Tim Nasional (Timnas) Belanda.

“Kami sudah tahu sejak awal musim bahwa kami hanya memiliki sedikit bek tengah. Jika kami kehilangan seseorang, maka jelas kami dalam masalah,” cerita Koeman, melansir dari Marca, Kamis (29/10/2020).

“De Jong pernah bermain di sana (sebagai bek tengah) ketika membela di Timnas Belanda dan pada saat itu dia melakukannya dengan sangat baik,” tambah pelatih berusia 57 tahun tersebut.

Suasana laga Barcelona vs Juventus

Sejak awal musim 2020-2021, ternyata Koeman sudah mempersiapkan De Jong untuk dapat bermain sebagai bek pelapis Pique dan Lenglet. Hal itu karena Koeman sudah menjaga-jaga jika saja banyak pemain bek tengahnya yang mengalami cedera.

Kini prediksi itu akhirnya benar-benar terjadi. Untungnya Koeman sudah mempersiapkan diri dan memiliki De Jong yang dapat bermain juga sebagai bek tengah. Tentu andai kata ada bek tengah Barcelona seperti Lenglet yang cedera, maka apakah duet Pique dan De Jong akan tersaji di lini pertahanan Blaugrana? Tentu sangat menarik jika hal tersebut benar-benar terjadi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini