Andai Paul Pogba Mundur dari Timnas Prancis, Ini Dampak bagi Les Bleus

Rachmat Fahzry, Jurnalis · Senin 26 Oktober 2020 15:20 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 26 51 2299715 andai-paul-pogba-mundur-dari-timnas-prancis-ini-dampak-bagi-les-bleus-w1BZ2yVC4U.jpg Paul Pogba. (Foto/Twitter Paul Pogba)

PAUL Pogba dikabarkan mundur dari Tim Nasional (Timnas) Prancis, setelah Presiden Emmanuel Macron dianggap menghina Islam, agama yang dianut Pogba. Gelandang berusia 27 tahun itu tidak terima dengan pernyataan Macron yang menyebut bahwa seorang guru dibunuh oleh seorang ekstrimis Islamis.

Pernyataan Macron datang setelah terjadi pembunuhan terhadap seorang guru bernama Samuel Pary. Dia tewas setelah menunjukkan karikatur Nabi Muhammad yang dibuat majalah satire Charlie Hebdo kepada siswanya di sekolah.

Foto/Twitter

Namun, mengutip BBC, Senin (26/10/) Prancis adalah negara sekularisme negara atau laicite, identitas nasional Prancis. Pembunuhan itu, dianggap Macron membatasi kebebasan berekspresi untuk melindungi perasaan satu komunitas tertentu, menurut negara, merusak persatuan.

Baca juga: Dikenal Penganut Islam yang Taat, Paul Pogba Rajin Ibadah Umroh

Menurut laporan The Sun, Pogba tidak terima dengan pernyataan presidennya itu. Dia dikabarkan mundur dari Timnas Prancis asuhan Didier Deschamps.

Jika kabar ini benar, situasi tersebut akan merugikan Timnas Prancsis. Pasalnya, Pogba merupakan salah satu gelandang andalan Deschamps.

Pogba merupakan pemain yang membantu Prancis meraih gelar juara Piala Dunia 2018 Rusia. Saat itu, dia bersama Ngolo Kante, bekerja sama mengatur serta memotong alur serangan lawan

Dalam formasi 4-3-1-2 ala Deschamps, Pogba kerap bermain dalam berbagai posisi. Dia biasa ditempatkan di gelandang kanan atau kiri.

Pogba diberi peran sebagai penyambung serangan dari bek hingga ke pemain depan. Selain membantu mengatur pola serangan, Pogba pintar dalam memainkan tempo permainan.

Foto/FFF

Pada UEFA Nations League, saat Prancis melawan Portugal, Pogba bermain bersama Kante dan Adrien Rabiot. Ketiganya mengelola lini tengah Les Bleus, namun soal penyerangan Pogba menjadi kunci Timnas Prancis, meski laga berakhir imbang tanpa gol.

Saat Prancis melawan Kroasia, Pogba masuk pada babak kedua. Skor saat itu imbang 1-1. Namun, setelah pemain milik Man United itu masuk, Prancis berhasil merubah permainan. Hasilnnya, Prancis berhasil mencetak gol melalui Kylian Mbappe.

Andai Pogba keluar dari Timnas Prancis, lini tengah Tim Ayam jantan akan kurang menakutkan. Pogba selain memiliki skill yang mumpuni juga memiliki fisik dengan tinggi 191 cm , sehingga dia kerap memenangi duel udara.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini