Ini Alasan Fans Juventus Layak Optimistis kepada Andrea Pirlo

Ramdani Bur, Jurnalis · Senin 26 Oktober 2020 15:20 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 26 47 2299713 ini-alasan-fans-juventus-layak-optimistis-kepada-andrea-pirlo-7QVfL7v88t.jpg Pirlo bisa bawa Juventus berjaya. (Foto: Twitter/@Pirlo_Official)

TURIN Fans Juventus resah karena sang pelatih anyar, Andrea Pirlo, gagal mendongkrak prestasi tim kesayangannya. Dalam enam pertandingan di seluruh kompetisi, Juventus tak mendapatkan hasil optimal.

Dari enam pertandingan itu Juventus hanya mengoleksi tiga menang dan tiga imbang. Bahkan di dua laga terkini Liga Italia saja, Juventus hanya mendapatkan hasil imbang, tepatnya 1-1 kontra Crotone dan Hellas Verona.

Juventus

(Juventus ditahan Verona 1-1)

Namun, fans Juventus jangan panik. Masih ada peluang bagi Pirlo meningkatkan performa Crristiano Ronaldo dan kawan-kawan. Sejauh ini Pirlo kerap disamakan dengan pelatih Manchester City, Josep Guardiola.

Keduanya diperbandingkan karena langsung menangani tim besar ketika ditunjuk menangani tim profesional. Juventus merupakan klub profesional pertama yang ditangani Pirlo, sedangkan Guardiola membesut Barcelona.

Hanya saja, ada yang membedakan. Sebelum menangani tim senior Barcelona pada 2008-2009, Guardiola sempat membesut Barcelona B pada 2007-2008. Hasilnya, Guardiola membawa Barcelona B juara Tercera Division atau kasta ketiga sepakbola Spanyol.

BACA JUGA: Trio Cristiano Ronaldo, Dybala dan Morata Takkan Tersaji di Juventus?

Lantas, bagaimana kiprah awal Guardiola menangani tim senior Barcelona? Hasilnya yang didapat Guardiola lebih buruk ketimbang Pirlo bersama Juventus. Saat itu dalam enam laga awal, Barcelona hanya mendapatkan tiga menang, satu imbang dan dua kalah.

Saat itu Barcelona kalah dari lawan yang di atas kertas sebenarnya dapat mereka kalahkan. Sebut saja Wisla Krakow (Kualifikasi III Liga Champions 2008-2009) dan Numancia (pekan perdana Liga Spanyol 2008-200).

Josep Guardiola

(Guardiola saat memberi arahan kepada Messi)

Namun, hasil yang didapat Barcelona di akhir musim luar biasa. Saat itu Guardiola membawa Barcelona merebut treble winner setelah memenangkan trofi Liga Champions, Liga Spanyol dan Copa del Rey!

Bahkan di sepanjang 2009 Barcelona memenangkan enam trofi, alias merebut semua gelar yang dapat mereka menangkan. Sebut saja Liga Spanyol, Copa del Rey, Liga Champions, Piala Super Eropa, Piala Dunia Klub dan Piala Super Spanyol.

Sanggupkah Pirlo mengikuti jejak Guardiola di atas? Tidak ada hal yang mustahil di sepakbola, termasuk melihat Pirlo mengantarkan Juventus meraih segudang trofi musim ini. Terlebih, Pirlo dibantu pemain-pemain berkelas seperti Cristiano Ronaldo.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini