Mundur dari Mini Piala Dunia, Vietnam Gagal Jumpa Timnas Indonesia U-19

Bagas Abdiel, Jurnalis · Sabtu 24 Oktober 2020 08:09 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 24 51 2298755 mundur-dari-mini-piala-dunia-vietnam-gagal-jumpa-timnas-indonesia-u-19-PsuOZXyid1.jpg Timnas Indonesia U-19 (Foto: Laman resmi PSSI)

TIM Nasional (Timnas) Indonesia U-19 akan segera mentas di ajang Piala Toulon pada Desember 2020. Ajang tersebut pun bisa dikatakan sebagai turnamen Mini Piala Dnia yang akan diselenggarakan di Prancis.

Tentu saja, Timnas Indonesia U-19 akan sangat antusias untuk mengikuti ajang tersebut. Pasalnya, ini juga bisa menjadi persiapan bagi skuad asuhan Shin Tae-yong untuk tampil di ajang Piala Dunia U-20 2021 di Indonesia.

Timnas Indonesia U-19

Sayangnya, Timnas Indonesia U-19 akan kehilangan rival utamanya di Asia Tenggara yakni Vietnam. Tim besutan Park Hang-seo itu memutuskan absen dari turnamen tersebut karena Federasi Sepakbola Vietnam (VFF) menolak melakukan perjalanan ke Prancis.

Situasi yang belum pulih akibat pandemi Covid-19 membuat Vietnam tidak mengirim skuadnya untuk mentas di ajang Piala Toulon. Apalagi kondisi Covid-19 di Eropa yang kembali meningkat membuat Vietnam memutuskan untuk absen.

“Karena pengaruh pandemi Covid-19, tim saat ini tidak bisa melakukan perjalanan udara ke Prancis,” ucap wakil Ketua VFF, Tran Quoc Tuan, mengutip dari dari Thethao 247, Sabtu (24/10/2020).

Baca juga Bagas Kaffa Puas dengan Hasil Pertandingan Internal Timnas Indonesia U-19

“Situasi Eropa juga sangat rumit sehingga VFF melakukan pertemuan dan menolak menghadiri Turnamen Toulon 2020,” tambahnya.

Sejauh ini, Timnas Indonesia U-19 telah menunjukkan ketangguhannya dengan menjalani pemusatan latihan (TC) di Kroasia. Sejumlah pertandingan besar pun berhasil dimenangkan Timnas Indonesia U-19 dalam laga uji coba.

Terbaru, Timnas Indonesia U-19 berhasil menaklukkan Hajduk Split yang termasuk dalam klub tangguh karena saat ini tengah memuncaki klasemen sementara Liga U-19 Kroasia. Skuad asuhan Shin Tae-yong menang dengan skor 4-0.

Kemenangan itu membuat media lokal Vietnam sangat tertarik untuk melihat performa sepakbola mereka jika berhadapan dengan Timnas Indonesia U-19. Apalagi Vietnam juga tengah membidik untuk bisa lolos ke Piala Dunia U-20 pada tahun depan.

Sayangnya, keinginan tersebut batal terwujud karena Vietnam memilih mundur dalam Piala Toulon yang sejatinya bisa mempertemukan mereka. Karena itu, publik Vietnam sepertinya harus bersabar untuk bisa melakukan balas dendam ke Timnas Indonesia U-19.

Piala Toulon sendiri merupakan turnamen yang mempertemukan 10 tim di seluruh dunia sehingga bisa disebut sebagai turnamen mini Piala Dunia. Beberapa negara, seperti Prancis, Jepang, dan Maroko akan unjuk gigi di ajang tersebut.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini