5 Pesepakbola Top yang Tampil Bagus di Usia Lebih dari 30 Tahun

Hendry Kurniawan, Jurnalis · Jum'at 23 Oktober 2020 19:41 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 23 51 2298610 5-pesepakbola-top-yang-tampil-bagus-di-usia-lebih-dari-30-tahun-72xgsyt7Fx.jpg Zlatan Ibrahimovic (Foto: Laman Resmi AC Milan)

USIA emas pesepakbola umumnya ada di rentang 28-30 tahun. Sebab, pada usia tersebut, para pesepakbola sudah sangat matang dan dapat mengeluarkan seluruh potensi yang dimilikinya. Sedangkan jika sudah melewati usia 30 tahun, umumnya para pesepakbola akan mengalami penurunan performa.

Hal ini tak lepas dari kondisi fisik mereka yang sudah tidak sebugar dahulu. Meski begitum nyatanya terdapat sejumlah kasus menarik, di mana para pemain yang sudah melewati usia 30 tahun tetap mampu menampilkan performa bagusnya.

Berikut adalah lima pesepakbola top yang tetap tampil bagus di usia lebih dari 30 tahun:

5. Luis Suarez (Atletico Madrid)

Luis Suarez

Luis Suarez telah diakui sebagai salah satu penyerang terbaik di era sepakbola modern. Selama membela Barcelona, penyerang berjuluk El Pistolero itu telah membukukan 195 gol dan 113 assist dari 283 kali bertanding.

Sayangnya, di musim panas 2020 Suarez ditendang oleh Barca karena dianggap sudah tua dengan usia 33 tahun. Padahal, Suarez masih memiliki banyak hal untuk ditawarkan. Terbukti, pada laga debutnya bersama Atletico Madrid, ia menyumbang dua gol dan satu assist.

4. Luka Modric (Real Madrid)

Luka Modric

Luka Modric pada awalnya dianggap sebagai transfer terburuk Real Madrid di musim panas 2012. Kala itu, Modric padahal sudah berusia 27 tahun. Akan tetapi, seiring berjalannya waktu, Modric berhasil meningkat pesat hingga diakui sebagai salah satu gelandang terbaik di generasinya.

Pada 2018, kala Modric berusia 33 tahun, ia menorehkan prestasi yang luar biasa. Setelah mengantarkan Real Madrid juara Liga Champions, Timnas Kroasia pun dibantunya hingga melenggang ke partai final Piala Dunia. Tak ayal, pada akhir tahun Modric dianugerahi trofi Ballon d’Or.

3. Lionel Messi (Barcelona)

Lionel Messi

Lionel Messi telah diakui sebagai salah satu pesepakbola terbaik yang pernah ada dalam sejarah. Maklum saja, pasalnya Messi mampu mempertahankan performanya di level tertinggi selama satu dekade lebih.

Bahkan, ketika kini Messi sudah berusia 33 tahun, ia masih menjadi pemain yang sangat berbahaya. Di musim kompetisi 2019-2020, pemain berjuluk La Pulga itu sukses membukukan 31 gol dan 26 assist dari 44 kali berlaga.

2. Cristiano Ronaldo (Juventus)

Cristiano Ronaldo

Sama halnya dengan Messi, Cristiano Ronaldo juga dianggap sebagai salah satu yang terbaik dalam sejarah karena selalu menampilkan performa di level tertinggi selama satu dekade lebih. Hingga kini usia CR7 sudah menginjak 35 tahun, ia masih sangat bugar.

Pada musim kompetisi 2019-2020, Ronaldo berhasil mengemas 37 gol dari 46 kali bertanding. Ronaldo saat ini pun masih berambisi untuk bisa mengantarkan Juve menjuarai Liga Champions.

1. Zlatan Ibrahimovic (AC Milan)

Zlatan Ibrahimovic

Saat ini Zlatan Ibrahimovic sudah berusia 39 tahun. Akan tetapi, Ibra justru menjadi andalan utama AC Milan perihal menjebol gawang lawan. Tercatat di musim kompetisi 2020-2021, Ibra telah mencetak lima gol dari empat kali bertanding bersama Rossoneri.

Lebih luar biasa lagi, Ibra sebenarnya baru pulih dari infeksi Virus Corona (Covid-19). Meski begitu, ia masih tetap bisa menunjukkan tajinya di atas lapangan. Kehadiran Ibra juga membuat skuad Milan yang didominasi oleh pemain muda mengalami peningkatan mental.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini