Jurgen Klopp Tinggalkan Liverpool pada 2025

Ramdani Bur, Jurnalis · Kamis 22 Oktober 2020 15:45 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 22 45 2297858 jurgen-klopp-tinggalkan-liverpool-pada-2025-FId9HFOxlf.jpg Klopp bisa tinggalkan Liverpool pada 2024. (Foto: @LFC)

LIVERPOOL – Pesepakbola legenda asal Jerman, Dietmar Hamann, memprediksi Jurgen Klopp akan meninggalkan Liverpool pada musim panas 2025. Ia menilai, Liverpool harus menyiapkan rencana selanjutnya ketika Klopp angkat kaki di akhir musim 2024-2025.

Jurgen Klopp ditunjuk sebagai pelatih Liverpool pada Oktober 2015. Ketika menjabat, pelatih asal Jerman itu diwarisi pemain yang dinilai tidak cukup kompeten bersaing dengan klub-klub mapan lainnya.

Jurgen Klopp

Namun, perlahan-lahan Klopp mampu mengubah kekuatan Liverpool, dari tim seadanya menjadi kekuatan baru dipersepakbolaan Inggris hingga Eropa. Benar, di tiga musim awal menangani Liverpool, Klopp gagal memberikan trofi bagi Liverpool.

Akan tetapi, Klopp sanggup membawa Liverpool finis runner-up di berbagai ajang seperti Piala Liga Inggris dan Liga Champions. Barulah di musim keempat atau 2018-2019, Klopp mengakrabkan Liverpool dengan gelar.

Dalam dua tahun terakhir saja, Klopp membawa Liverpool juara Liga Champions, Piala Super Eropa, Piala Dunia Klub dan Liga Inggris. Melihat kesuksesan di atas, Hamann menilai Klopp membutuhkan waktu untuk beristirahat dan berpotensi memutuskan meninggalkan Liverpool pada 2025.

BACA JUGA: Jurgen Klopp Ungkap Kondisi Sadio Mane

“Sungguh mengherankan Jurgen Klopp menjadi pelatih di Liverpool selama lima tahun. Tetapi ketika Anda sukses, waktu berjalan lebih cepat,” kata Hamann mengutip dari Daily Mail, Kamis (22/10/2020).

“Saya harap kepada Liverpool untuk mempertahankan Klopp sebagai pelatih hingga 2025,” lanjut Hamann.

Stadion Kanjuruhan

Lantas setelah nantinya Klopp meninggalkan Liverpool, ke mana ia akan berlabuh? Hamann menilai setelah mendapatkan beban berat bersama Liverpool, Klopp diprediksi memilih menangani Tim Nasional Jerman.

Dengan menangani Timnas Jerman, intensitas Klopp dalam memimpin skuadnya takkan seekstrem saat membesut Liverpool. Karena itu, Timnas Jerman merupakan alternatif tepat bagi Klopp ketika nantinya meninggalkan Liverpool.

“Saya nilai Klopp akan terbaring di pantai dan memilih menjadi pelatih tim nasional Jerman (setelah meninggalkan Liverpool),” tutup Hamann yang pernah membela Liverpool dari 1999 hingga 2006.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini