Tanpa Van Dijk, Fabinho Bisa Jadi Juru Selamat Liverpool

Andika Pratama, Jurnalis · Kamis 22 Oktober 2020 14:30 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 22 261 2297791 tanpa-van-dijk-fabinho-bisa-jadi-juru-selamat-liverpool-SoahY6Tg8R.jpg Fabinho (Foto: Twitter/@_fabinhotavares)

AMSTERDAM – Legenda Manchester United, Rio Ferdinand, menyanjung penampilan Fabinho sebagai bek tengah ketika Liverpool mengalahkan Ajax Amsterdam 1-0 dalam pertandingan pertama Grup D Liga Champions 2020-2021.

Fabinho yang berposisi asli sebagai gelandang bertahan, terpaksa menjadi bek tengah karena Liverpool kehilangan Virgil van Dijk akibat cedera ACL. Selain Van Dijk, Liverpool juga kehilangan Joel Matip karena cedera minor setelah pertandingan kontra Everton di Liga Inggris. Meski begitu, Fabinho tidak asing bermain di lini pertahanan karena pernah menjadi bek kanan di AS Monaco dan Real Madrid.

Fabinho vs Ajax (Foto: Twitter/@LFC)

Fabinho yang tidak bermain di posisi alaminya, mampu tampil apik dalam pertandingan di kandang Ajax, Johan Cruyff Arena, Kamis (22/10/2020), dini hari WIB tersebut. Duetnya dengan Joe Gomez membuat Liverpool mencatatkan clean sheet pertama mereka dalam enam pertandingan terakhir.

Fabinho bahkan melakukan penyelamatan gemilang jelang babak pertama berakhir. Keunggulan 1-0 Liverpool yang didapatkan berkat gol bunuh diri Nicolas Tagliafico pada menit ke-34 hampir buyar, karena aksi Dusan Tadic.

Tadic mengelabui kiper Liverpool, Adrian San Miguel, dengan men-chip bola ke dalam gawang. Saat Adrian sudah mati langkah, Fabinho dengan sigap menyapu bola tepat di garis gawang. Penyelamatan krusial itu jadi salah satu kunci kemenangan Liverpool.

BACA JUGA: Gantikan Peran Van Dijk di Laga Kontra Ajax, Ini Komentar Fabinho

Oleh sebab itu, Ferdinand memuji Fabinho. Akan tetapi, Ferdinand pun mengingatkan Fabinho bahwa dirinya akan cukup lama bermain sebagai bek tengah sehingga harus konsisten tampil apik.

“Fabinho menjadi pemain terbaik saat dia bermain di sana (bek tengah). Orang ini adalah operator top dan dia (Fabinho) bermain sebagai bek kanan di Monaco juga. Jadi, dia tahu bagaimana cara bertahan. Akan tetapi, dia akan dinilai sekarang karena dia akan bermain untuk waktu yang lama di sana.,” kata Ferdinand kepada BT Sport, Kamis (22/10/2020).

(mrh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini