Rugikan Juventus, Wasit Ini Langsung Tangani Pertandingan Serie B

Hendry Kurniawan, Jurnalis · Selasa 20 Oktober 2020 11:43 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 20 47 2296472 rugikan-juventus-wasit-ini-langsung-tangani-pertandingan-serie-b-dJHNMnFHZa.jpg Crotone vs Juventus (Foto: Twitter Juventus)

ROMA – Pertandingan antara Juventus kontra Crotone dalam giornata keempat Liga Italia 2020-2021 berakhir dengan skor imbang 1-1. Setelah pertandingan itu, wasit Francesco Fourneau yang memimpin jalannya laga pun langsung menjadi viral karena dianggap merugikan Juve.

Fourneau terhitung sebanyak tiga kali yang membuat Juve merugi. Pertama adalah pada menit ke-11 saar Fourneau menunjuk titik putih setelah Leonardo Bonucci dianggap melakukan pelanggaran terhadap Arkadiusz Reca di kotak terlarang. Insiden ini membuat Crotone memimpin 1-0.

Kemudian pada menit ke-60, Fourneau memberikan kartu merah langsung kepada Federico Chiesa. Sebab, Fourneau melihat Chiesa menginjak kaki Luca Cigarini saat sedang berebut bola. Tak ayal, Bianconeri pun harus bermain dengan 10 orang sejak saat itu.

Baca juga: Zlatan Ibrahimovic Lebih Berpengaruh ketimbang Cristiano Ronaldo

Crotone vs Juventus

Ketika pertandingan memasuki menit ke-76, Juve sebenarnya mampu mencetak gol lewat Alvaro Morata setelah membelokkan tembakan Juan Cuadrado. Akan tetapi, Fourneau menganulir gol tersebut lantaran Morata dilihatnya berada dalam posisi off-side.

Pada akhirnya, Juve hanya bisa bermain imbang dengan tim promosi. Fourneau pun menjadi sasaran kemarahan fans Juve di media sosial. Mereka menilai Fourneau tidak senang terhadap Juve sehingga sengaja mengambil keputusan yang merugikan Bianconeri.

Mengejutkannya, 48 jam setelah itu, nama Fourneau tercantum sebagai wasit keempat untuk pertandingan Serie B yang mempertemukan Reggina dengan Cosenza. Tak ayal, spekulasi pun menyeruak.

Fourneau diisukan diturunkan ke Serie B karena dianggap tidak bisa mengambil keputusan dengan benar dan bijak saat memimpin laga Serie A. Akan tetapi, isu ini kemudian coba dijelaskan oleh Corriere dello Sport.

Mereka menerangkan bahwa penempatan Fourneau di Serie B hanya bentuk penugasan bergilir biasa. Fourneau sendiri memang dikenal sebagai wasit Serie A yang juga mendapatkan tugas pertandingan di Serie B.

Crotone vs Juventus

Menurut kabar yang disebutkan, pimpinan AIA yang telah mempromosikan Fourneau untuk pertandingan Crotone vs Juventus. Terlepas dari beberapa keputusannya yang dinilai kurang tepat, ia tidak akan memperoleh hukuman. Pada November 2020 Fourneau akan kembali memimpin laga Serie A.

“Dia tidak banyak melakukan kesalahan selama pertandingan (Crotone vs Juventus), mungkin hanya soal kartu kuning untuk pelanggaran Bonucci yang berujung penalti. Keputusan lainnya bagus," terang jurnalis Mediaset, Maurizio Pistocchi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini