Kunci Permainan Juventus Bukan pada Formasi

Hendry Kurniawan, Jurnalis · Selasa 20 Oktober 2020 09:44 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 20 261 2296402 kunci-permainan-juventus-bukan-pada-formasi-w6QwfujdKc.jpg Para pemain Juventus (Foto: UEFA)

KIEV – Dynamo Kiev tengah bersiap menjamu Juventus untuk pertandingan pertama babak penyisihan grup Liga Champions 2020-2021. Laga ini akan dimainkan pada Selasa (20/10/2020) malam WIB.

Dalam pertandingan nanti, Juve tidak akan dibela oleh megabintang mereka, Cristiano Ronaldo. Pasalnya, peraih trofi Ballon d’Or lima kali itu masih menjalani karantina setelah dinyatakan positif terinfeksi Virus Corona (Covid-19).

Pelatih Kiev, Mircea Lucescu, tidak memungkiri bahwa absennya Ronaldo adalah sebuah keuntungan bagi timnya. Meski begitu, Lucescu tak merasa bahwa kehilangan CR7 akan membuat Juve langsung mengalami kesulitan.

Baca juga: Ronald Koeman Sudah Tahu Kelemahan Barcelona

Cristiano Ronaldo

Lucescu menyadari skuad Juve memiliki banyak pemain berkualitas dan berpengalaman. Sehingga, absennya Ronaldo tidak akan memberi pengaruh terhadap penerapan formasi maupun taktik dari Andrea Pirlo.

Dengan komposisi skuad Juve yang ada sekarang, Bianconeri sejatinya bisa bermain dengan berbagai formasi, dari mulai 4-4-2, 3-4-2-1, hingga 3-4-1-2. Menurut Lucescu, jika para pemain Juve tetap disiplin, maka mereka akan bisa menampilkan performa yang gemilang.

"Tim-tim seperti Juventus dapat menggunakan taktik yang berbeda. Karena mereka memiliki banyak pemain berpengalaman dan berkualitas,” terang Lucescu, seperti dilansir dari laman resmi UEFA, Selasa (20/10/2020).

“Mereka bisa bermain 4-4-2 atau 3-4-2-1 dalam varian menyerang, tetapi motivasi dan disiplin pemain adalah elemen kuncinya, bukan sistemnya. Pada level ini, seorang pelatih harus beradaptasi dengan pemain yang dia miliki di skuadnya," lanjut pelatih asal Rumania tersebut.

Sejauh ini di ajang Liga Italia 2020-2021, Juve telah bermain dengan tiga formasi berbeda dalam tiga pertandingan yang mereka lakoni. Pada matchday pertama melawan Sampdoria, Pirlo menerapkan formasi 3-4-1-2.

Juventus vs Sampdoria

Dalam formasi tersebut, Cristiano Ronaldo dan Dejan Kulusevski diduetkan di depan, sedangkan Aaron Ramsey sebagai gelandang serang. Namun, pada matchday kedua melawan AS Roma, Pirlo mengunakan formasi 4-4-2 dengan due Ronaldo dan Alvaro Morata.

Terakhir, saat melawan Crotone, Pirlo memainkan skema 3-4-2-1. Dalam laga tersebut, Ronaldo dan Ramsey absen. Maka dari itu, Pirlo menggunakan Morata sebagai ujung tombak. Adapun dua pemain di belakang sang striker adalah Kulusevski dan Manolo Portanova.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini