Ronald Koeman Sudah Tahu Kelemahan Barcelona

Hendry Kurniawan, Jurnalis · Selasa 20 Oktober 2020 06:45 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 20 261 2296338 ronald-koeman-sudah-tahu-kelemahan-barcelona-lcVTNpv86q.jpg Pelatih Barcelona, Ronald Koeman (Foto: UEFA)

BARCELONA – Sudah hampir dua bulan Ronald Koeman menjabat sebagai pelatih Barcelona. Dalam kurun waktu tersebut, Koeman pun telah mempelajari banyak hal, termasuk kelemahan yang dimiliki Barca musim lalu.

Sebagaimana diketahui, pada gelaran 2019-2020 Barca menjalani musim yang mengecewakan. Pasalnya, mereka gagal meraih satu pun trofi juara, baik itu Liga Spanyol, Copa del Rey, Piala Super Spanyol, maupun Liga Champions.

Kendati demikian, yang paling mengecewakan dari Barca musim lalu adalah kekelahan telak yang mereka terima kala berusa Bayern Munich di perempatfinal Liga Champions. Barca tumbang dengan skor 2-8.

Baca juga: Messi Bisa Lakukan Semuanya Sendirian, Ronaldo Butuh Rekan Setim

Barcelona vs Bayern Munich

Menurut Koeman, kekalahan tersebut dapat terjadi karena Barca tidak bermain sebagai tim di laga melawan Bayern. Di sisi lain, Bayern tampil disiplin, yang mana setiap pemainnya berkoordinasi dengan sangat baik dan saling membantu.

Koeman menilai hal itulah yang menjadi perbedaan besar antara Bayern dengan Barca di pertandingan tersebut. Selain itu, kondisi fisik para pemain Bayern juga dinilainya jauh lebih baik ketimbang Blaugrana.

Maka dari itu, kini Koeman telah membenahi Barca agar kejadian seperti melawan Bayern tidak terulang kembali. Koeman pun cukup yakin kalau timnya bakal mampu berbicara banyak di ajang Liga Champions musim ini.

“Pelajaran besar bagi saya adalah jika Anda tidak bermain sebagai tim, Anda tidak akan menang. Pertama-tama, jika Anda melihat kondisi fisik tim Bayern, itu luar biasa, dan organisasi dalam tim juga luar biasa. Itu adalah perbedaan besar pada malam itu,” jelas Koeman, mengutip dari laman resmi UEFA, Selasa (20/10/2020).

Dalam gelaran Liga Champions 2020-2021, Barca tergabung di Grup G bersama Juventus, Ferencvaros, dan Dynamo Kiev. Pada matchday pertama, Blaugrana bakal berhadapan dengan Ferencvaros.

Barcelona

Laga melawan Ferencvaros itu akan dimainkan pada Rabu 21 Oktober 2020 dini hari WIB di Camp Nou. Sepekan setelahnya, Barca baru akan bersua dengan Juventus, tepatnya pada Kamis 29 Oktober 2020 dini hari WIB.

Pertandingan kontra Juventus seharusnya menjadi reuni Lionel Messi dengan Cristiano Ronaldo. Akan tetapi, CR7 diragukan bakal tampil karena saat ini masih menjalani karantina akibat terinfeksi Virus Corona (Covid-19).

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini