Jurgen Klopp Kecewa Berat dengan VAR dan Wasit di Laga Everton vs Liverpool

Hendry Kurniawan, Jurnalis · Minggu 18 Oktober 2020 02:12 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 18 45 2295353 jurgen-klopp-kecewa-berat-dengan-var-dan-wasit-di-laga-everton-vs-liverpool-mGPbFRyYxI.jpg Jurgen Klopp (Foto: Twitter Premier League)

LIVERPOOL – Liverpool pada akhirnya menyudahi pertandingan dengan skor 2-2 saat bertamu ke markas Everton dalam lanjutan matchday kelima Liga Inggris 2020-2021. Namun, laga yang bertajuk Derby Merseyside itu menyisakan sejumlah kontroversi.

Pada menit ke-11, setelah Liverpool unggul 1-0 berkat gol Sadio Mane, Virgil van Dijk dijegal oleh penjaga gawang Everton, Jordan Pickford, di dalam kotak terlarang. Akan tetapi, wasit tak memberikan Liverpool hadiah penalti.

Setelah dilakukan pengecekan menggunakan VAR, Van Dijk dinilai sudah berada dalam posisi off-side saat menerima bola, sebelum mencoba merangsek ke kotak penalti Everton. Sehingga, aksi Pickford terhadap Van Dijk tersebut tak dianggap sebagai pelanggaran.

Baca juga: Tanggapi Gol Henderson yang Dianulir, Klopp: Kami Harusnya Menang!

Everton vs Liverpool

Manajer Liverpool, Jurgen Klopp, tentunya tak puas dengan keputusan wasit tersebut. Sebab, ia tidak melihat posisi Van Dijk sudah off-side. Selain itu, Pickford juga sangat jelas menjegal Van Dijk dengan kasar sampai-sampai bek berpaspor Belanda tersebut mengalami cedera dan harus diganti.

Tidak berhenti sampai di situ, di pengujung pertandingan, tepatnya masa injury time, kontroversi juga kembali tercipta. Kali ini, gol Jordan Henderson ke gawang Everton dianulir oleh wasit.

Alasannya, Sadio Mane yang memberikan umpan kepada Henderson dianggap telah terjebak dalam posisi off-side ketika menerima bola. Maka dari itu, gol Henderson tidak disahkan oleh wasit.

“Pickford benar-benar menendangnya. Saya perlu menontonnya kembali. Saya telah melihat gol yang dianulir di akhir dan dalam gambar saya lihat itu tidak off-side. Bisakah seseorang menjelaskannya pada saya?" ujar Klopp selepas pertandingan, seperti dikutip dari The Athletic, Minggu (18/10/2020).

Klopp sendiri sebenarnya sangat mendukung penggunaan VAR dalam sepakbola karena itu dapat membantu kinerja wasit. Akan tetapi, ia menyayangkan karena pada akhirnya wasit tidak mengambil keputusan yang tepat.

Jurgen Klopp

“Saya pendukung besar VAR, tetapi Anda mengharapkan mereka membuat keputusan yang tepat. Saya telah melakukan 10 wawancara dan semua orang mengatakan kepada saya bahwa itu tidak off-side. Itu tidak mengangkat mood saya," jelas Klopp.

Hasil imbang ini membuat Liverpool sekarang mengumpulkan 10 poin. Dari lima kali bertanding di ajang Liga Inggris 2020-2021, The Reds telah meraih tiga kemenangan, satu kekalahan, dan satu hasil seri.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini