Lautaro Sebut Kegigihan Argentina Jadi Kunci Kemenangan atas Bolivia

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Rabu 14 Oktober 2020 05:39 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 14 51 2293255 lautaro-sebut-kegigihan-argentina-jadi-kunci-kemenangan-atas-bolivia-NioBxiDDEA.jpg Lautaro Martinez berperan besar dalam kemenangan Argentina (Foto: Twitter/@Argentina)

LA PAZ – Penyerang Tim Nasional (Timnas) Argentina, Lautaro Martinez, bersyukur dapat membawa pulang tiga angka dari markas Bolivia. Ia membenarkan bahwa bermain di La Paz sangat sulit. Namun, para penggawa Albiceleste mampu menunjukkan komitmen kuat untuk menang.

Pertandingan kedua Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Amerika Selatan memang menjadi ujian berat bagi Timnas Argentina. Pasalnya, mereka harus menghadapi faktor non-teknis berupa ketinggian Kota La Paz yang berada 3.650 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Ketinggian tersebut menyebabkan kadar oksigen menipis. Dengan kadar oksigen yang tipis, lawan kemungkinan besar akan tersiksa karena sulit bernafas. Tentu saja, faktor non-teknis itu menjadi ketakutan tersendiri bagi setiap kesebelasan yang bertandang ke La Paz.

Baca juga: Sempat Tertinggal, Argentina Kantongi Angka Penuh dari Markas Bolivia

Lautaro Martinez samakan skor (Foto: Federasi Sepakbola Argentina)

Ketakutan tersebut nyaris terbukti ketika Marcelo Martins menjebol gawang Franco Armani pada menit 24. Beruntung, Argentina mampu bangkit dan menyamakan skor lewat Lautaro Martinez jelang babak pertama berakhir. Tiga angka kemudian dipastikan lewat tembakan keras Joaquin Correa di menit 79.

Ketika Lautaro Martinez menyamakan skor, pelatih Lionel Scaloni terlihat melonjak kegirangan di pinggir lapangan. Ia menyadari betul betapa berharganya setiap gol yang dicetak di La Paz. Pendapat senada diutarakan El Toro. Menurutnya, kemenangan ini adalah buah dari kegigihan rekan setim.

“Kami memikirkan betul arti laga ini karena riwayat sejarah. Kami tidak akan membantah bahwasannya memang sulit bermain di sini. Banyak yang dibicarakan, tetapi kami fokus pada tugas, yaitu menang dan membawa pulang tiga angka,” papar Lautaro Martinez, dikutip dari Twitter @Argentina, Rabu (14/10/2020).

“Kami tahu betul pertandingan akan berjalan sulit seperti ini. Menurut saya, tim menunjukkan kekuatan di hati dan kepala hari ini. Saya sungguh bahagia,” imbuh penyerang asal klub Inter Milan itu.

Kemenangan tipis Argentina itu tidak terlepas dari peran Lautaro Martinez. Pemain berusia 23 tahun itu mampu menjawab kepercayaan dari Lionel Scaloni untuk memimpin lini depan Timnas Argentina. Kegigihan Lautaro membuahkan gol penyama skor pada menit 45.

Bola sebetulnya sudah mampu dikuasai lini belakang Bolivia. Akan tetapi, sapuan Jose Carrasco mampu diblok Lautaro Martinez dan bola bersarang di gawang Carlos Lampe. Sementara gol kedua yang dicetak Joaquin Correa, berasal dari umpan matang pemain kelahiran Bahia Blanca itu.

Dengan begitu, Argentina berhasil memetik angka sempurna dari dua laga Kualifkasi Piala Dunia 2022 Zona Amerika Selatan. Kendati hanya menang tipis dan memperlihatkan permainan yang kurang meyakinkan, nyatanya Tim Tango tetap berhasil mencapai target.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini