Andrea Pirlo Jadikan Pep Guardiola Panutan sebagai Pelatih

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Selasa 13 Oktober 2020 04:23 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 13 47 2292629 andrea-pirlo-jadikan-pep-guardiola-panutan-sebagai-pelatih-UyIEScGTOO.jpg Andrea Pirlo kini melatih Juventus (Foto: Twitter/@juventusfcen)

TURIN – Pernah diasuh sejumlah pelatih kenamaan membuat perbendaharaan taktik Andrea Pirlo semakin kaya. Pria asal Italia itu bahkan digadang-gadang bakal sesukses Pep Guardiola di Barcelona dahulu. Andrea Pirlo tidak menampik kalau Pep Guardiola adalah salah satu panutannya di dunia kepelatihan.

Sebagaimana diketahui, Andrea Pirlo ditunjuk sebagai pelatih tim utama Juventus pada 8 Agustus 2020. Padahal, pria berusia 41 tahun itu sebelumnya baru diangkat sebagai pelatih tim U-23 pada akhir Juli. Hanya dalam seminggu, ia promosi ke tim utama.

Penunjukan Andrea Pirlo mendapat reaksi beragam. Juventus dinilai berjudi karena pria asal Italia itu masih minim pengalaman sebagai pelatih. Betapa tidak, ia baru resmi pensiun pada 2017 dan mulai mengambil kursus kepelatihan pada 2018.

Baca juga: Andrea Pirlo Akui Jadi Pelatih Lebih Bikin Stres

Andrea Pirlo mengagumi Pep Guardiola (Foto: Premier League)

Hingga berita ini diturunkan, Andrea Pirlo terhitung baru melatih dalam dua pertandingan resmi saja. Kendati masih seumur jagung, banyak pihak menganggap lelaki kelahiran Flero itu akan sukses seperti halnya Pep Guardiola. Ia tidak menampik kalau pelatih asal Spanyol itu adalah salah satu panutan.

“Guardiola adalah contoh bagi kami semua. Dia sudah menunjukkan dirinya adalah salah satu yang terbaik. Sejak menangani Barcelona muda lalu naik ke tim utama, dia menunjukkan diri sebagai pelatih muda yang ingin mempromosikan gaya sepakbola menyerang dengan ciri khas tertentu,” ujar Andrea Pirlo, dikutip dari Football Italia, Selasa (13/10/2020).

“Lalu, kami memiliki ide tersendiri dan menurut saya, kami harus terus memperjuangkannya. Namun, tentu saja, Guardiola adalah panutan untuk sebuah pergerakan di sepakbola,” imbuh mantan gelandang AC Milan tersebut.

Kekaguman Andrea Pirlo terhadap Pep Guardiola sesungguhnya dimulai pada sebuah pertemuan singkat di Stadion Camp Nou, musim panas 2010. Kala itu, AC Milan tengah menjalani pertandingan persahabatan dengan Barcelona asuhan Pep Guardiola di Spanyol.

Dalam buku otobiografi berjudul ‘Pensi Quindi Giocco’, Andrea Pirlo mengaku diajak berbicara empat mata oleh Pep Guardiola usai pertandingan. Saat itu, Guardiola berupaya merayu Andrea Pirlo untuk bergabung dengan Barcelona. Sayangnya, transfer itu tidak pernah terwujud.

Selain Pep Guardiola, Andrea Pirlo juga memiliki sederet pelatih yang memberi inspirasi. Ia mengaku beruntung pernah dilatih sejumlah sosok kenamaan sehingga dapat mengambil pelajaran berharga.

“Saya beruntung pernah bekerja dengan pelatih kenamaan. Mulai dari (Mircea) Lucescu lalu ke (Marcelo) Lippi, (Carlo) Ancelotti, (Antonio) Conte, dan juga (Massimiliano) Allegri. Saya bahagia pernah mendapat kesempatan bekerja dengan mereka dan berusaha mengambil pelajaran,” tutup Andrea Pirlo.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini