5 Alasan Barcelona Jual Lionel Messi pada Januari 2021

Djanti Virantika, Jurnalis · Senin 12 Oktober 2020 12:38 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 12 51 2292203 5-alasan-barcelona-jual-lionel-messi-pada-januari-2021-mUSud0Aj7j.jpg Lionel Messi. (Foto: Instagram/@leomessi)

MASA depan Lionel Messi di Barcelona masih menjadi perbincangan hangat sampai saat ini. Sebab, meski akhirnya gagal meninggalkan Barcelona di musim dingin 2020, ia tetap punya niat kuat untuk hijrah ke klub baru usai kontraknya habis.

Kontrak Messi sendiri diketahui akan berakhir bersama Barcelona pada musim 2020-2021, tepatnya pada 30 Juni 2021. Tetapi, sejumlah pihak meyakini ada peluang pihak Blaugrana –julukan Barcelona – untuk melepas Messi sebelum kontraknya habis jika tak mau meneken kesepakatan baru.

Tepatnya, hal itu berpeluang terjadi di bursa transfer musim dingin 2021 yang dibuka pada Januari. Okezone pun akan membahas beberapa alasan yang bisa melatarbelakanginya. Sebagaimana dikutip dari Sportskeeda, berikut lima alasan Barcelona menjual Lionel Messi pada Januari 2021.

5. Menjual Messi Akan Bantu Kurangi Tagihan Gaji Barcelona

Salah satu alasan yang membuat Barcelona berpeluang melepas Messi pada Januari 2021 adalah gaji. Jika melepas Messi lebih awal, mereka berpeluang mengurangi tagihan gaji pemain Barcelona. Sebab, gaji sang pemain bintang diketahui begitu tinggi.

Lionel Messi

Sebagi pemain bintang, Messi mengantongi penghasilan sekira 1 juta poundsterling atau sekira Rp19 miliar setiap pekannya. Barcelona sendiri kini diketahui tengah berada dalam kondisi keuangan terburuk.

Dengan sejumlah masalah yang dialami, Barcelona pun dilaporkan merencanakan pemotongan gaji lagi. Karena itu, membiarkan Messi pergi akan sangat melegakan karena dia menghasilkan sekira empat juta dalam sebulan hanya dengan gaji. Banyak sekali uang yang harus disimpan Barcelona.

4. Kebutuhan Barcelona untuk Fokus Bangun Tim

Alasan selanjutnya berkaitan dengan langkah Barcelona dalam membangun tim. Sudah terlalu lama Barcelona sangat bergantung kepada Lionel Messi. Selama 10 tahun terakhir, fokusnya adalah membangun tim di sekitar Messi.

Lionel Messi

Akibatnya, ketika Messi tidak tampil, hampir tidak mungkin bagi Barcelona untuk menuai hasil manis. Kondisi ini telah menghilangkan banyak fokus yang seharusnya diarahkan kepada pemain dan pemain muda lain.

Nilai seorang pemain diukur dari seberapa baik dia bisa bermain di sekitar Messi. Mereka perlu mengubah sikap mereka dan mengalihkan perhatian untuk membangun sisi baru. Tim tidak kekurangan bakat dan inilah saatnya untuk beralih ke pemain generasi berikutnya.

3. Akhiri Budaya Bintang di Barcelona dan Kurangi Kekuatan Pemain

Untuk waktu yang sangat lama, Barcelona memiliki banyak pemain bintang. Kepindahan Neymar yang banyak dibicarakan ke Paris Saint-Germain (PSG) untuk keluar dari bayang-bayang Messi jelas memamerkan unsur-unsur budaya bintang yang lazim di Barcelona.

Lionel Messi

Dalam lingkungan seperti itu, para pemain menempatkan diri di depan klub dan ini cukup terbukti dari cara Messi bersuara tentang kekesalannya dengan klub. Barcelona sendiri telah dipandang berjalan dengan buruk sekarang ini. Hal itu bahkan telah diungkap Messi secara blak-blakan.

Barcelona perlu menunjukkan bahwa klub tersebut lebih besar dari para pemainnya. Mereka bisa menjual Lionel Messi dan itu akan menjadi langkah positif dalam membuat tim menjadi lebih baik.

2. Peluang Terakhir Barcelona Menguangkan Messi

Alasan yang paling jelas dari melepas Messi pada Januari 2021 adalah agar Barcelona mendapatkan banyak uang. Messi sekarang berada di tahun terakhir kontraknya dan dia akan berstatus bebas transfer pada musim panas mendatang jika memilih tidak menandatangani kontrak baru.

Lionel Messi

Keadaannya sendiri tampak seperti Messi tidak akan mungkin menandatangani kontrak baru. Karena itu, jendela transfer Januari 2021 memberi Barcelona kesempatan terakhir untuk memanfaatkan bakat gemilang tersebut.

Barcelona dapat mengumpulkan banyak uang dengan menjual Messi. Mereka dapat menginvestasikan  dana tersebut untuk mengontrak mungkin dua atau tiga pemain berkualitas tinggi.  Jika tidak menjualnya pada Januari 2021, mereka mengambil risiko kehilangan Messi dengan gratis dan itu akan kehilangan sejumlah uang besar.

1. Beri Pemain Lain Kesempatan untuk Berkembang

Alasan terakhir Barcelona menjual Messi pada Januari 2021 adalah memberi pemain lain kesempatan untuk berkembang lebih dini. Setiap penyerang Barcelona akan segera ditempatkan pada skala yang sama dengan Messi jika sang pemain benar-benar pergi.

Antoine Griezmann

Pemain-pemain yang tak mendapat tempat besar selama ini, seperti Philippe Coutinho dan Antoine Griezmann, akhirnya bisa lebih leluasa bermain di Barcelona. Sebab selama ini, fokusnya tidak pernah benar-benar tertuju kepada mereka.

Kondisi ini juga dialami oleh Ousmane Dembele. Kondisi ini juga bisa menjadi salah satu alasan mengapa Dembele menderita masalah disiplin, selain cederanya. Perhatian yang diberikan kepada mereka tidak cukup untuk membuatnya berhasil.Mereka bisa membuat perbedaan jika tiba-tiba menjadi orang-orang yang harus memimpin tim Barcelona.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini