Gelandang Persib Bandung Kim Kurniawan Gencar Berbisnis di Tengah Pandemi

Ramdani Bur, Jurnalis · Selasa 06 Oktober 2020 15:55 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 06 49 2289296 gelandang-persib-bandung-kim-kurniawan-gencar-berbisnis-di-tengah-pandemi-gk8ykh0YEf.jpg Kim Kurniawan saat memberikan hadiah di akun Instagram-nya. (Foto: Instagram/@kimkurniawan)

BANDUNG – Gelandang Persib Bandung, Kim Jeffrey Kurniawan, sudah memiliki bisnis ketika nantinya pensiun dari dunia si kulit bulat. Dalam lima tahun terakhir, gelandang keturunan Jerman-China-Indonesia ini membangun usaha clothing.

Kim Jeffrey Kurniawan mulai berpikir membangun usaha ketika kompetisi sepakbola di Indonesia dibekukan pada 2015. Saat itu akibat pemerintah mengintervensi kompetisi, FIFA membekukan Federasi Sepakbola Indonesia, PSSI.

Kim Kurniawan

(Kim Kurniawan mulai geluti bisnis di berbagai bidang. (Foto: Persib.co.id)

“Soal bisnis sudah dari 5 tahun lebih, ketika liga berhenti, pas QNB itu. Aduh kalau kayak gini terus bagaimana. Awalnya IPL berhenti, gabung ke Pelita Bandung Raya, lancar kan satu bulan, setelah itu kompetisi berhenti lagi, malah dibekukan. Di situ kepikiran kalau sepakbola di sini kayak gini terus masa depan saya sulit, apalagi kalau sudah punya keluarga,” kata Kim Kurniawan mengutip dari Simamaung, Selasa (6/10/2020).

Paham sepakbola tidak selamanya menghasilkan uang baginya, membuat Kim Kurniawan perlahan-lahan membangun gurita bisnisnya. Tidak hanya usaha clothing, eks gelandang Persema Malang itu mulai merambah bisnisnya lainnnya seperti barbershop dan kuliner.

“Kalau saya hanya mengandalkan sepakbola susah dong, kalau situasi yang sama akhirnya muncul lagi, sudah dua kali saya pikir saat itu. Apalagi dalam kurun waktu yang dekat waktu itu kompetisi diberhentikan. Dari situ saya sudah mulai terpikirkan masa depannya, maka dari itu saya awal-awal kan clothing melalui online, berikutnya toko, barbershop, lalu sekarang ke kuliner,” lanjut pemegang satu caps bersama Timnas Indonesia tersebut.

BACA JUGA: Pelatih Persib Bandung Optimistis Liga 1 2020 Dilanjutkan

Kejadian lima tahun lalu (kompetisi dihentikan) kembali terjadi tahun ini. Namun, kasusnya berbeda tahun ini. Liga 1 2020 ditangguhkan karena adanya pandemi virus corona yang hampir menjangkiti seluruh negara di dunia.

Sebenarnya Liga 1 2020 sudah bergulir sejak akhir Februari 2020. Namun, baru berjalan tiga pekan, kompetisi mesti ditangguhkan efek pandemi virus corona.

Kim Kurniawan

(Kim Kurniawan saat berlatih di Stadion Gelora Bandung Lautan Api)

Kemudan pada Kamis 1 Oktober 2020, rencananya Liga 1 2020 kembali digulirkan. Namun, karena tren kasus positif virus corona di Tanah Air belum mengalami penurunan, kick off Liga 1 2020 lagi-lagi ditunda.

Kick off Liga 1 2020 ditunda karena Kepolisian Republik Indonesia tidak mengeluarkan izin keramaian. Ditakutkan jika Liga 1 2020 dilanjutkan, dapat menimbulkan klaster baru.

Karena itu, harapannya tren virus corona di Indonesia mengalami penurunan. Jika semuanya berjalan lancar, Liga 1 2020 dapat kembali digulirkan pada November 2020, dan kompetisi rampung pada Maret 2021.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini