Firmino Ditendang, Menanti Trio SJM di Lini Depan Liverpool

Ramdani Bur, Jurnalis · Rabu 30 September 2020 14:50 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 30 45 2286185 firmino-ditendang-menanti-trio-sjm-di-lini-depan-liverpool-aa7GHctcE3.jpg Firmino bisa dicadangkan Klopp. (Foto: Twitter/@trentaa98)

LIVERPOOL – Tugas seorang penyerang merupakan mencetak gol. Namun, tugas tersebut tidak dibebankan pelatih Liverpool, Jurgen Klopp, kepada penyerang mereka, Roberto Firmino.

Tugas utama Firmino adalah membuka ruang kepada dua winger lincah Liverpool, Mohamed Salah dan Sadio Mane. Namun, menjadi masalah jika Firmino gagal meningkatkan kemampuannya di luar memberi assist kepada Mohamed Salah dan Sadio Mane.

Roberto Firmino

Jika Firmino hanya bisa memberi assist tanpa mencetak gol untuk Liverpool, posisinya sebagai penyerang tengah The Reds bisa diberikan kepada pemain lain. Terlebih, sosok yang siap menggantikan posisi Firmino sudah di depan mata.

Pada bursa transfer musim panas 2020, manajemen Liverpool mengeluarkan 44,7 juta euro untuk mendatangkan Diogo Jota dari Wolverhampton Wanderers. Tahu dihargai mahal, Jota sudah menunjukkan kelasnya bersama The Reds.

Pemain 23 tahun ini menjalani debut bersama Liverpool di ajang Liga Inggris pada Selasa 29 September 2020 dini hari WIB, tepatnya saat menjamu Arsenal. Masuk menggantikan Sadio Mane di menit 80, Jota mencetak gol bagi Liverpool di menit 88, sekaligus mengubah kedudukan 3-1 untuk keunggulan si Merah.

BACA JUGA: Jota Tampil Apik, Firmino Tergeser ke Bangku Cadangan Liverpool?

Hal itu merupakan tanda bagi Jota bahwa dirinya siap masuk menjadi andalan lini depan Liverpool. Bukan Mane yang akan digantikan Jota, melainkan Firmino yang musim lalu hanya mencetak satu gol di Stadion Anfield.

Secara ketajaman, Jota juga lebih oke ketimbang Firmino. Musim lalu bersama Wolverhampton, Jota mencetak 16 gol dari 48 pertandingan. Bagaimana dengan Firmino? Tampil dalam jumlah laga yang lebih banyak (52), Firmino Cuma mengemas 12 gol.

Diogo Jota

Lantas, bisakah Jota berperan sebagai penyerang? Jota kerap beroperasi sebagai penyerang tengah ketika main bersama Wolverhampton Wanderers musim lalu. Karena itu, Jota diprediksi takkan canggung saat harus main bareng Mohamed Salah dan Sadio Mane di lini depan Liverpool.

Pelatih Klopp masih akan mengandalkan pola andalannya, yakni 4-3-3. Untuk lini depan, akan diisi trio Salah, Jota dan Mane atau disingkat trio SJM. Trio ini dapat membawa Liverpool tak hanya berjaya di Liga Inggris, namun juga Liga Champions.

Menarik menanti kombinasi trio SJM. Trio ini diprediksi akan jauh lebih dahsyat ketimbang trio Salah, Firmino dan Mane.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini