Jota Tampil Apik, Firmino Tergeser ke Bangku Cadangan Liverpool?

Ramdani Bur, Jurnalis · Rabu 30 September 2020 10:18 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 30 45 2285983 jota-tampil-apik-firmino-tergeser-ke-bangku-cadangan-liverpool-jY3p4jiHVN.jpg Diogo Jota saat bobol gawang Arsenal. (Foto: Twitter/@LFC)

LIVERPOOLLiverpool mendatangkan tiga pemain anyar pada bursa transfer musim panas 2020. Mereka ialah Konstatinos Tsimikas (fullback kirim Olympiakos), Thiago Alcantara (gelandang, Bayern Munich) dan Diogo Jota (winger, Wolverhampton Wanderers).

Nama-nama di atas tidak hanya diplot sebagai pemain cadangan, namun didatangkan untuk memberi persaingan kepada personel utama Liverpool saat ini. Thiago Alcantara sudah menunjukkan kelasnya ketika Liverpool menang 2-0 atas Chelsea di pekan kedua Liga Inggris 2020-2021.

Thiago Alcantara

(Thiago turun di laga Chelsea vs Liverpool)

Kala itu bermain di awal babak kedua menggantikan Jordan Henderson yang cedera, Thiago Alcantara mencatatkan umpan sukses yang lebih banyak ketimbang seluruh pemain Chelsea di laga tersebut. Kemudian Jota, pemain asal Portugal itu dimainkan pelatih Jurgen Klopp di laga Liverpool vs Arsenal pada Selasa 29 September 2020 dini hari WIB.

Di laga tersebut, Jota baru masuk di menit 80 menggantikan Sadio Mane. Baru delapan menit berada di lapangan, Jota mencetak gol ketiga Liverpool sekaligus mengakhiri laga dengan skor 3-1.

Jota seakan menunjukkan dirinya layak dihargai mahal. Sekadar informasi, Liverpool merogoh kocek hingga 44,7 juta euro atau sekira Rp781,8 miliar untuk mendapatkan pemain 23 tahun tersebut.

BACA JUGA: Man United Harus Segera Bangkit untuk Jegal Kesuksesan Liverpool

Kehadiran Jota sama saja mengancam posisi Sadio Mane? Secara posisi, baik Jota dan Mane memang sama-sama beroperasi sebagai winger kiri. Namun, Jota dapat dimainkan sebagai penyerang tengah.

Mentas sebagai penyerang tengah kerap dijalankan Jota bersama Wolverhampton Wanderers musim lalu. Baik dalam pola 3-5-2 atau 4-4-2 racikan Nuno Espirito Santo, Jota kerap berduet dengan Raul Jimenez sebagai ujung tombak kembar Wolverhampton.

Diogo Jota

(Jota cetak gol di laga debut bersama Liverpool)

Lantas dengan kemampuan Jota bermain sebagai penyerang tengah, posisi Roberto Firmino yang otomatis terancam. Penyerang asal Brasil belum menampilkan performa optimal musim ini.

Dari tiga laga Liga Inggris 2020-2021, Firmino merupakan satu-satunya penyerang langganan starter yang belum mencetak gol. Sejauh ini, Firmino baru mencetak satu assist. Bagaimana dengan Mohamed Salah dan Sadio Mane? Keduanya sama-sama mengoleksi tiga gol.

Karena itu, jangan heran jika pelatih Klopp menurunkan trio Mohamed Salah, Mane dan Jota di lini depan Liverpool pada laga-laga ke depan. Kombinasi itu bukan tak mungkin tersaji saat Liverpool bertandang ke markas Aston Villa di lanjutan pekan keempat Liga Inggris 2020-2021 pada Senin 5 Oktober 2020 dini hari WIB.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini