Liga 1 2020 Batal Digelar Oktober, Gede Sukadana: Main Bola Gak Boleh, Pilkada Boleh

Ramdani Bur, Jurnalis · Selasa 29 September 2020 13:50 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 29 49 2285489 liga-1-2020-batal-digelar-oktober-gede-sukadana-main-bola-gak-boleh-pilkada-boleh-hWxUVHOQ7v.jpg Liga 1 2020 batal digelar Oktober 2020. (Foto: Dede Kurniawan/Okezone)

SLEMAN – Gelandang PSS Sleman, Gede Sukadana, kesal Liga 1 2020 yang sedianya kembali bergulir Kamis 1 Oktober, mesti ditunda hingga batas waktu yang tidak ditentukan. Ia bingung kenapa kompetisi sepakbola di Indonesia tidak kunjung diizinkan menggelar pertandingan, di saat bersamaan Pemilu Umum Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun ini tetap diselenggarakan.

“Main bola ga boleh. Pilkada boleh. Odading mang oleng rasanya seperti menjadi caleg,” tulis Sukadana dengan emoticon tertawa, mengomentari unggahan akun Instagram @pengamatsepakbola yang menulis bahwa Liga 1 dan Liga 2 tidak mendapat izin keramaian dari kepolisian.

Gede Sukadana

(Komentar Gede Sukadana di unggahan akun @pengamatsepakbola)

Sekadar informasi, semalam Kepala Divisi (Kadiv) Humas Mabes Polri, Irjen Pol. Argo Yuwono, mengatakan pihaknya tidak bisa mengeluarkan izin keramaian Liga 1 2020. Salah satu alasannya karena jumlah kasus postitif virus corona di Tanah Air trennya sedang menanjak.

“Terkait Liga Indonesia Baru 1 dan 2 yang akan dilaksanakan mulai tgl 1 Oktober 2020, Polri tidak mengeluarkan izin keramaian dengan pertimbangan,” kata Argo Yuwono kepada wartawan.

BACA JUGA: PSSI Resmi Tunda Comeback Liga 1 2020

“Pertama, situasi pandemi Covid di mana jumlah masyarakat yang terinfeksi masih terus meningkat,” ujarnya.

“Kedua, Polri sudah mengeluarkan maklumat dan penegasan tidak akan mengeluarkan izin keramaian di semua tingkatan,” katanya.

Keluarnya ucapan di atas membuat Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, beserta jajarannya mengadakan rapat darurat dengan Menpora Zainudin Amali semalam. Hasil dari pertemuan itu diambil keputusan bahwa kompetisi paling cepat dimulai November 2020.

Mochamad Iriawan

(Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan)

"Tadinya akan berlangsung 1 Oktober, rencananya, lanjutan kompetisi Liga 1 dan Liga 2, dan rencana pertandingan awal akan mempertemukan PSS Sleman dan Persik Kediri, namun kita ketahui bersama bahwa Mabes Polri lewat Kabid Humas menunda izin keramaian, karena Polri menganggap kasus Covid-19 di lapangan masih tinggi," kata Iriawan dalam konferensi pers di Kantor Kemenpora, Selasa (29/9/2020)

"Ini sudah keputusan yang betul-betul kemanusiaan harus diutamakan. PSSI memohon kegiatan ini ditunda hingga satu bulan. Kami memohon, apabila ini memungkinkan. Karena jika kompetisi dimulai November, maka akan selesai Maret," lanjut pria yang biasa disapa Iwan Bule tersebut.

Sedianya Liga 1 2020 kembali menggulirkan pertandingan pada Kamis 1 Oktober 2020. Laga PSS Sleman vs Persik Kediri yang digelar di Stadion Maguwoharjo, Sleman, dijadwalkan menjadi laga comeback Liga 1 2020.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini