5 Analisis Laga Liverpool vs Arsenal, Nomor 1 Ungkap Borok Liverpool

Bagas Abdiel, Jurnalis · Selasa 29 September 2020 12:16 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 29 45 2285425 5-analisis-laga-liverpool-vs-arsenal-nomor-1-ungkap-borok-liverpool-TKv6tqyx7S.jpg Liverpool vs Arsenal (Foto: Twitter Premier League)

LIVERPOOL – Liverpool sukses meraih kemenangan atas Arsenal pada pekan ketiga Liga Inggris 2020-2021. Bermain di Stadion Anfield, Selasa (29/9/2020) dini hari WIB, Liverpool memenangi laga dengan skor 3-1.

Meski menjalani awal yang lambat, Liverpool mampu mendominasi penguasaan bola. Namun, Liverpool harus tertinggal terlebih dahulu sebelum akhirnya menceploskan tiga gol ke gawang Arsenal.

Berbagai momen pun terjadi di laga Liverpool vs Arsenal. Jika menganalisis lebih lanjut, berikut ada lima poin pembicaraan utama dari pertemuan Liverpool kontra Arsenal.

5. Diogo Jota Unjuk Gigi

Kedatangan Jota ke Liverpool sejatinya tidak ada yang menduga. Bahkan hanya dalam hitungan hari, sang juara bertahan mampu melakukan perekrutan cepat terhadap Jota dari Wolverhampton. Untungnya penandatanganan tersebut tidak sia-sia.

Jota berhasil membuat kesan yang baik pada saat menghadapi Arsenal. Pemain berpaspor Portugal itu berhasil mencetak gol debutnya bersama Liverpool pada menit 88 setelah masuk sebagai pemain pengganti di menit ke-80.

Diogo Jota

4. Penyelesaian Akhir yang Buruk dari Arsenal

Arsenal sejatinya bisa mengubah hasil buruk saat bersua Arsenal jika berhasil memanfaatkan sepenuhnya peluang yang mereka ciptakan. Bahkan setelah mereka unggul, Arsenal tidak mencatatkan tembakan tepat sasaran ke gawang Liverpool.

Beberapa kali Lacazette gagal memanfaatkan berbagai peluang untuk mencetak gol. Sebaliknya, Liverpool tampil lebih klinis dan tidak menyia-nyiakan kesempatan. Sementara Arsenal selalu gagal menembus gawang Alisson.

Liverpool vs Arsenal

3. Fabinho Tunjukkan Diri sebagai Pemain Serbaguna

Absennya Joe Gomez untuk Liverpool membuat Fabinho kerja keras saat bertemu Chelsea. Ketika biasanya ia tampil sebagai gelandang bertahan, saat itu ia kembali ke jantung pertahanan bersama Virgil van Dijk.

Kini saat melawan Arsenal, Fabinho kembali ke posisinya. Jika menilai pada dua tugas tersebut, Fabinho sekali lagi menunjukkan kelasnya. Pada kedua posisi tersebut, ia sama-sama mampu bermain baik dan berperan penting dalam mengamankan area pertahanan Liverpool.

Fabinho

2. Sisi Baik dan Buruk Taktik Arsenal

Mikel Arteta berhak mendapat pujian atas taktik yang selama masa jabatannya di Arsenal. Satu perubahan besar yang ia buat sejak mengambil alih Arsenal adalah kembali memainkan tiga bek untuk menopang pertahanan yang terlihat sangat goyah sebelumnya.

Hadirnya tiga bek membuat Arsenal membuka penyerangan dari lini belakang. Membangun titik serang dari lini belakang ternyata banyak hal baik dan buruk saat melawan Liverpool. Hal baiknya, Arsenal mampu mengatur permaianan dengan baik, tetapi sisi buruknya Liverpool tak tinggal diam. Kekuatan Liverpool di lini tengah justru memaksa para pemain Arsenal banyak melakukan kesalahan.

Mikel Arteta

1. Pertahanan Jadi Titik Lemah Liverpool

Pertahanan Liverpool menjadi sorotan besar pada musim ini. Jika berkaca pada musim lalu, perpaduan lini belakang yang tangguh dengan kekuatan serangan yang mematikan menjadi kunci kesuksesan Liverpool di Liga Inggris. Akan tetapi, area pertahanan Liverpool kembali dipertanyakan.

Pada musim ini, Liverpool cukup terkendala dengan masalah pertahanan. Itu terlihat saat Liverpool kebobolan saat melawan Leeds United dan Lincoln City. Saat bertemu Arsenal, Liverpool pun kembali kebobolan. Karena itu, lini belakang Liverpool kembali mendapat sorotan yang tampaknya sedikit lebih rentan kebobolan dari biasanya.

Liverpool

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini