Alvaro Morata, Jimat Juventus di Liga Champions

Ramdani Bur, Jurnalis · Kamis 24 September 2020 16:02 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 24 261 2283134 alvaro-morata-jimat-juventus-di-liga-champions-HFgNEN4kZV.jpg Morata saat mentas bersama Juventus di Liga Champions 2015-2016. (Foto: Twitter/@juventusfc)

TURIN – Juventus merampungkan transfer keempat mereka pada musim panas 2020. Setelah mendatangkan Dejan Kulusevski, Arthur Melo dan Weston McKennie, manajemen Juventus meminjam Alvaro Morata dari Atletico Madrid.

Bianconeri –julukan Juventus– rencananya meminjam Morata selama semusim senilai 10 juta euro atau setara Rp174 miliar. Jika tampil apik selama masa peminjaman, Juventus akan mempermanenkan Morata senilai 45 juta euro atau sekira Rp783 miliar.

Alvaro Morata

(Morata ketika membela Juventus pada 2015-2016)

Tujuan Juventus mendatangkan Morata sangat jelas, yakni demi mengakhiri paceklik trofi Liga Champions. Sekadar informasi, Juventus tak pernah lagi memenangkan trofi Lga Champions sejak 1995-1996.

Kenapa Morata yang didatangkan Juventus untuk memenangkan trofi Liga Champions? Hal itu karena Morata pernah memiliki rekam jejak apik di Liga Champions, tepatnya di periode pertama membela Juventus.

Sekadar informasi, Morata sempat membela Juventus dari 2014-2016. Saat itu kehadiran Morata membuat Juventus bisa bersaing di jalur juara Liga Champions. Pada 2014-2015, berkat bantuan gol-gol dari Morata di fase gugur, Juventus lolos ke final Liga Champions.

Tercatat dari tujuh penampilan di fase gugur Liga Champions (babak 16 besar hingga final), Morata mengemas lima gol. Morata hanya absen mencetak gol saat Juventus dua kali bersua AS Monaco di perempatfinal.

BACA JUGA: Selain Cristiano Ronaldo, Ini 3 Pemain Juventus yang Pernah Juara Liga Champions

Di luar itu, Morata selalu mencetak gol termasuk di partai puncak kontra Barcelona. Sayangnya, satu gol dari Morata belum cukup membantu Juventus, mengingat kala itu si Nyonya Tua tumbang 1-3 dari Blaugrana.

Semusim berselang, Juventus kembali berjuang di Liga Champions. Hanya finis sebagai runner-up Grup D, membuat Juventus dihadapkan dengan Bayern Munich di babak 16 besar.

Pada leg I yang digelar di markas Juventus, skor sama kuat 2-2. Pada laga tersebut, Morata mencetak assist atas gol kedua si Nyonya Tua yang dilesakkan Stefano Sturaro. Hasil di atas membuat Bayern Munich berada di atas angin, mengingat laga kedua digelar di tempat mereka.

Namun, Juventus justru sanggup membalikkan kedudukan. Laga baru berjalan 28 menit, Juventus unggul 2-0 lewat aksi Paul Pogba dan Juan Cuadrado. Gol kedua Juventus yang diciptakan Cuadrado berawal dari aksi individu Morata. Namun, karena dipaksa bertahan terlalu dalam oleh Bayern, Juventus akhirnya kalah 2-4 via perpanjangan waktu dan gagal lolos ke perempatfinal.

Alvaro Morata

(Morata saat menjalani tes medis bersama Juventus)

Meski begitu, fakta di atas menunjukkan Morata bisa diandalkan Juventus di Liga Champions 2020-2021. Terlebih, secara pengalaman Morata jauh lebih siap ketimbang lima tahun lalu.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini