Share

Pirlo Terbuka untuk Diskusi dengan Pemainnya

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Senin 21 September 2020 11:26 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 21 47 2281097 pirlo-terbuka-untuk-diskusi-dengan-pemainnya-yTsbfAQi2O.jpg Andrea Pirlo mengawasi dari pinggir lapangan (Foto: Juventus)

TURIN โ€“ Pelatih anyar Juventus, Andrea Pirlo, cukup yakin dapat meredam ego para pemainnya. Ia berjanji untuk mencari keseimbangan tim dalam memberikan kesempatan bermain. Demi meminmalisir masalah, sang pelatih akan banyak berinteraksi dengan pemain.

Keputusan Juventus merekrut Andrea Pirlo sebagai pelatih sebetulnya berisiko. Sebab, pria berusia 41 tahun itu belum berpengalaman melatih klub profesional mana pun. Ia bahkan baru meraih sertifikat kepelatihan UEFA Pro, hanya beberapa hari sebelum debut di laga kontra Sampdoria.

Walau minim jam terbang, pada laga pertama terlihat Andrea Pirlo bisa menguasai ruang ganti Juventus. Dalam kesebelasan yang dihuni banyak pemain bintang, menguasai ruang ganti adalah hal yang krusial. Sebab, pelatih harus bisa meredam sekaligus melebur ego para pemain agar bersatu.

Baca juga: Juventus vs Sampdoria, Dalih Pirlo Turunkan 3 Debutan

Andrea Pirlo memimpin Juventus dalam laga uji coba (Foto: Twitter/@Pirlo_official)

Untuk hal yang satu ini, pengalaman Andrea Pirlo sebagai pemain dapat berperan penting. Ia tentu sudah kenyang pengalaman menghadapi berbagai jenis pelatih ketika masih aktif merumput. Pria berusia 41 tahun itu mengakui sangat penting untuk berdialog dengan para pemain.

โ€œSangat penting untuk selalu berdialog dengan pemain. Saya adalah seorang pemain hingga beberapa pensiun beberapa tahun lalu dan saya senang berdiskusi dengan anak-anak. Sangat penting mengetahui apa yang dipikirkan dan diinginkan pemain,โ€ terang Andrea Pirlo, dikutip dari Football Italia, Senin (21/9/2020).

Hal lain yang perlu segera diatasi oleh Andrea Pirlo adalah dengan menemukan keseimbangan dalam tim. Selain pemain-pemain yang sudah ada di skuad, Juventus juga tidak anti untuk mendatangkan penggawa baru dengan kualitas serta bakat yang dimiliki.

Andrea Pirlo siap untuk menyambut kedatangan para pemain berbakat. Ia juga akan berupaya keras memadukan pemain-pemain baru dengan penggawa lawas yang ada. Terpenting, klub dapat mencapai keseimbangan yang diinginkan.

โ€œKami akan mengerahkan yang terbaik. Ini adalah soal mencari keseimbangan yang tepat. Para pemain berkualitas selalu disambut dengan baik, selama mereka memiliki karakteristik yang bisa membawa keseimbangan di tim. Namun, kami ingin menggunakan sebanyak mungkin pemain berbakat,โ€ sambung pria kelahiran Flero itu.

Bukti ucapan Andrea Pirlo sudah terhampar dengan menurunkan tiga orang pemain debutan. Mantan pemain AC Milan itu terbukti tidak anti dengan para pemain muda didikan akademi klub seperti Gianluca Frabotta.

Satu yang menarik, Andrea Pirlo belum memasang pemain baru lainnya, yakni Arthur Melo. Padahal, pemain asal Brasil itu direkrut dengan harga yang tidak murah dari Barcelona. Itu juga bukti bahwa dirinya berani mengambil sikap demi mencapai keseimbangan seperti yang diinginkan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini