Lebih Hebat Salah atau Mane? Legenda Man United Punya Jawabannya

Andika Pratama, Jurnalis · Rabu 16 September 2020 18:31 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 16 45 2278890 lebih-hebat-salah-atau-mane-legenda-man-united-punya-jawabannya-iT2pU9KRk7.JPG Sadio Mane dan Mohamed Salah (Foto: Premier League)

LIVERPOOL Mohamed Salah dan Sadio Mane jadi andalan Liverpool di depan gawang lawan dalam tiga musim terakhir. Kehebatan dua pemain asal Afrika itu sudah diakui semua orang, tetapi siapa yang lebih di antara mereka?

Legenda Manchester United, Gary Neville, punya jawabannya. Pria asal Inggris itu menilai Salah lebih hebat ketimbang Mane. Menurut Neville, Salah punya mental untuk mencapai sesuatu yang besar di masa depan.

Mohamed Salah dan Sacio Mane (Foto: Twitter/@LFC)

Neville kini mengagumi kemampuan Salah, padahal dulu sempat meragukannya. Legenda Man United itu bahkan berpikir Liverpool telah melakukan kesalahan dengan membeli Salah dari AS Roma pada bursa transfer musim panas 2017.

Nevilla mungkin berpikir begitu karena rekam jejak buruk Salah di Liga Inggris bersama Chelsea. Salah memulai perjalanannya bersama Chelsea pada pertengahan musim 2013-2014 tetapi gagal unjuk gigi. Chelsea akhirnya meminjamkan Salah ke Fiorentina (2014-2015) dan Roma (2015-2016) sebelum dibeli permanen oleh I Lupi –julukan Roma– pada musim panas 2016.

BACA JUGA: 5 Pesepakbola Bintang Beragama Islam yang Pernah dan Masih Bela Liverpool

Namun, Neville sekarang telah mengubah pandangannya terhadap The Egyptian King –julukan Salah. Legenda Man United itu mengakui bahwa Salah, adalah salah satu pemain terbaik di dunia saat ini.

“Ada satu poin dalam permainan ketika saya menonton Salah dan berpikir, itu adalah pemain pada umumnnya. Empat tahun lalu, ketika dia pertama kali datang ke Liverpool dan dia mencetak 40-an gol (tepatnya 44 gol), saya pikir, 'Itu aneh. Dia tidak akan bisa tampil begitu selamanya.’ Akan tetapi, dia secara konsisten menghasilkan (penampilan apik itu) selama dua atau tiga tahun,” kata Neville, menyadur dari Sky Sports, Rabu (16/9/2020).

“Anda berpikir tentang perbedaan mentalitas antara Mane dan Salah. Mane menyenangkan. Saya pikir para pemain mungkin mencintainya, dia memberikan segalanya setiap hari, dia akan melakukan apa pun tanpa pamrih untuk tim,” ujarnya.

"Kemudian, Anda melihat Salah dari sisi lain. Dia terkadang tidak memberikan umpan kepada rekan satu timnya. Dia sedikit lebih egois dan sedikit kurang disukai karena itu, mungkin oleh para penggemar dan rekan satu timnya sendiri. Akan tetapi, saya melihatnya sebagai orang luar dan berpikir bahwa dia adalah pembunuh mutlak di lapangan,” tutur Legenda Man United tersebut.

Mohamed Salah (Foto: Twitter@LFC)

"Saya pikir Salah akan berakhir di atas Mane. Bukan karena Mane tidak hebat, ia pemain hebat seperti Wayne Rooney, tetapi alasan pemain (seperti Salah) berbeda adalah karena mereka memiliki sesuatu di sini (menunjuk kepala) yang berarti itu (punya mental berbeda),” ucapnya.

Salah sudah mencetak 97 gol dan membuat 41 assist dalam 154 pertandingan Liverpool. Tiga gol terakhir Salah dicetak saat Liverpool menang 4-3 atas Leeds United pada pekan perdana Liga Inggris 2020-2021. Salah diharapkan kembali mencetak banyak gol saat Liverpool menghadapi Chelsea di Stamford Bridge, Minggu 20 September 2020 malam WIB.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini