Kenangan Pelatih Persib saat Bertemu Legenda Brasil Pele

Ramdani Bur, Jurnalis · Selasa 15 September 2020 17:07 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 15 49 2278194 kenangan-pelatih-persib-saat-bertemu-legenda-brasil-pele-zYXJ2bAsvu.jpg Robert Rene Alberts saat hadiri sesi konferensi pers Persib. (Foto: @persib)

BANDUNG – Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts, menceritakan pengalamannya saat masih aktif sebagai pemain. Juru taktik berpaspor Belanda itu pernah berduel langsung dengan pesepakbola legenda asal Brasil, Pele, saat masih aktif sebagai pemain.

Momen itu terjadi pada 1975. Kala itu, Robert Rene Alberts yang membela klub Kanada Vancouver White Caps, mendapat kesempatan menjajal tim asal Amerika Serikat, New Yorck Cosmos.

Pele

(Pele (kiri) bersama Robert. Foto: Persib.co.id)

Kebetulan, New York Cosmos saat itu diperkuat Pele yang tercatat sebagai pesepakbola dengan gol terbanyak sepanjang masa. Robert Rene Alberts yang tidak mau melewatkan kesempatan itu pun mengajak Pele foto bareng kelar pertandingan.

"Itu sekitar tahun 1975. Saya bertemu dengan Pele saat sebelum dan setelah pertandingan. Saat itu, ada pertandingan eksibisi antara tim saya, Vancouver Whitecaps dan New York Cosmos (Amerika Serikat), timnya Pele," ungkap Rene Alberts mengutip dari laman resmi, Selasa (15/9/2020).

"Saya pun berbincang dengan Pele. Masih ingat, saya menanyakan perasaan dia menjadi seorang bintang saat itu. Dia mengaku sangat cinta dengan pekerjaannya dan bahagia bisa menjadi bagian kemajuan sepakbola benua Amerika dan dunia," lanjut Robert.

BACA JUGA: Robert Alberts Soroti Stamina, Teknik dan Kecepatan Pemain Persib Bandung

Pele saat itu merupakan superstar sepakbola, layaknya Cristiano Ronaldo atau Lionel Messi. Pria kelahiran 23 Oktober 1940 itu bisa dibilang pesepakbola terbaik yang pernah dilahirkan Brasil.

Di level klub, Pele enam kali membawa Santos juara Liga Brasil. Sementara di Copa Libertadores (Liga Champions Amerika Selatan), Pele memenangkan dua trofi bareng Santos.

Pele

(Pele saat bela New York Cosmos)

Sementara itu, pencapaian Pele di Tim Nasional Brasil jauh lebih dahsyat. Ia membawa Brasil tiga kali juara Piala Dunia, tepatnya pada 1958, 1962 dan 1970!

Karena itu, pertemuan di atas benar-benar dikenang Robert Rene Alberts. Padahal, perjumpaan tersebut sudah berlangsung pada 1975, atau 45 tahun yang lalu.

"Itu merupakan kesempatan luar biasa. Tiba-tiba saya mendapat kesempatan bermain melawan legenda besar seperti Pele. Saya bisa bertemu, berjabat tangan dan berbincang langsung dengannya. Sangat senang tentunya dan hal tersebut merupakan impian setiap pemain muda seperti saya," tutup pelatih yang membawa Arema juara Liga Super Indonesia 2009-2010 itu.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini