5 Klub dengan Utang Tertinggi, Nomor 1 Tembus Rp9,92 Triliun

Admiraldy Eka Saputra, Jurnalis · Kamis 10 September 2020 19:30 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 10 51 2275555 5-klub-dengan-utang-tertinggi-nomor-1-tembus-rp9-92-triliun-SpSGkI5RgP.jpg Skuad Manchester United 2019-2020 (Foto: laman resmi Man United)

PANDEMI covid-19 memberikan dampak cukup besar pada kondisi keuangan kebanyakan klub-klub sepakbola Eropa. Sebagian dari mereka bahkan harus melakukan pemotongan gaji kepada para pemain agar kondisi keuangan tim tetap stabil di era pandemi seperti saat ini.

Tim sekelas Barcelona hingga Juventus bahkan jadi salah satu tim yang melakukan langkah tersebut. Beberapa klub juga terkadang tidak sedikit memilih untuk berhutang dalam jumlah besar untuk menjaga bisnis jangka panjang mereka.

Melansir dari laman Sportskeeda, Kamis (10/9/2020), berikut adalah daftar lima klub dengan utang tertinggi.

5. Juventus – 372 juta euro atau sekira Rp6,5 triliun


Bukan sebuah kejutan kalau raksasa Italia satu ini jadi klub dengan utang tertinggi. Juventus yang telah mendominasi Liga Italia hampir satu dekade ke belakang terus membangun tim yang lebih kuat demi bisa berbicara banyak di level Eropa.

Ya, meski berstatus sebagai tim besar, Juventus tercatat baru meraih dua kali trofi Liga Champions, terakhir kalinya adalah pada 1995-1996 silam. Hal ini membuat mereka terus berinvestasi dengan sejumlah pemain bintang, termasuk tentu saja Cristiano Ronaldo.

Selain itu, sejumlah pemain bintang seperti Paulo Dybala, Matthijs de Ligt, dan beberapa lainnya juga menjadi penghuni tim besutan Andrea Pirlo. Tak heran kalau beban keuangan tim begitu berat dari biaya gaji pemain saja.

Tercatat, meski mendapat keuntungan sebesar 47 juga dollar (Rp700 miliar) sepanjang musim lalu, Jumlah hutang mereka juga cukup fantastis yakni mencapai 372 juta euro atau sekira Rp6,5 triliun.

4. Atletico Madrid – 384 juta euro atau sekira Rp6,7 triliun


Atletico Madrid jadi salah satu klub yang jumlah hutangnya hampir sama dengan Juventus. Los Rojibilancos tercatat punya hutang senilai 384 juta euro atau sekira Rp6,7 triliun hingga akhir 2019-2020 kemarin.

Mereka menjadi salah satu tim yang menggelontorkan dana besar pada bursa transfer musim panas 2019 kemarin. Penandatanganan Joao Felix dari Benfica jadi salah satu yang cukup menyorot perhatian. Tidak hanya itu, mereka juga mendatangkan beberapa nama lain seperti Marcos Llorente, dan Kieran Trippier yang membuat berat keuangan tim.

Namun, Atletico juga tak kehilangan cara untuk menyelesaikan masalah ini. Manajemen tim dilaporkan telah melikuidasi aset untuk melunasi hutang dan punya cara lainnya termasuk menjual beberapa pemain. Karena itu, menjual pemain besar dan mengurangi gaji mereka adalah prioritas penting bagi Rojiblancos musim ini, selain kesuksesan mereka di lapangan hijau. 

3. Inter Milan – 461 juta euro atau sekira Rp8,1 triliun


Inter Milan jadi klub Italia lainnya yang juga punya jumlah hutang cukup besar hingga akhir 2019-2020 kemarin. Nerazzurri tercatat memiliki jumlah hutang sebesar 461 juta euro atau sekira Rp8,1 triliun.

Jumlah tadi bahkan sudah terjadi sebelum pandemi covid-19 menyerang pada awal 2020 kemarin. Hal ini membuat manajemen tim harus segera mencari solusi untuk bisa menyelesaikan atau paling tidak mengurangi jumlah hutang yang cukup besar tersebut.

Seperti diketahui, Inter yang saat ini dimiliki oleh Suning Group telah mengeluarkan banyak uang. Hasilnya tidak terlalu buruk, mereka berhasil finis kedua di bawah Juventus di Liga Italia dan sukses melaju ke final Liga Eropa meski harus takluk dari Sevilla.

2. Tottenham Hotspur – 483 juta euro atau sekira Rp8,5 triliun


Tottenham Hotspur jadi tim Liga Inggris dengan jumlah hutang terbesar saat ini. Klub berjuluk The Lilywhite itu tercatat memiliki hutang senilai 483 juta euro atau sekira Rp8,5 triliun. Jumlah tersebut sebagian besar datang dari pembangunan stadion baru mereka.

Selain itu, mereka juga melakukan transfer pemain dengan harga cukup tinggi salah satunya dengan mendatangkan Tanguy Ndombele dari Olympique Lyon pada bursa transfer musim panas 2019 kemarin.

1. Manchester United – 568 juta euro atau sekira Rp10 triliun


Tidak mengherankan melihat Manchester United berada di urutan teratas sebagai klub dengan jumlah hutang tertinggi saat ini. Setan Merah tercatat memiliki hutang sebesar 568 juta euro atau sekira Rp10 triliun hingga akhir musim kemarin.

Manchester United mengonfirmasi utangnya naik menjadi Rp7,7 triliun. Pandemi virus corona COVID-19 membuat utang klub membengkak sekitar Rp2,3 triliun sepanjang kuartal pertama 2020.

Secara total, utang United meningkat 42 persen sejak musim lalu. Tidak adanya pemasukan dari tiket dan merchandising menjadi penyebab utamanya. Selain itu, perubahan nilai tukar mata uang pounds ke dolar Amerika Serikat juga memperparah keadaan.

Namun, di sisi lain Man United sendiri merupakan klub dengan pendapatan paling besar di belakang Real Madrid dan Barcelona.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini