5 Pemain Bintang Sepakbola yang Buang Kesempatan Emas di Final

Rachmat Fahzry, Jurnalis · Rabu 26 Agustus 2020 15:01 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 26 51 2267723 5-pemain-bintang-sepakbola-yang-buang-kesempatan-emas-di-final-9HoreFiCRg.jpg Arjen Robben gagal eksekusi penalti ke gawang Chelsea. (Foto/Pinterest)

Final Liga Champions UEFA 2002, tendangan voli kaki kiri luar biasa dari Zinedine Zidane membuat pembeda. Sepakan kerasnya menjadi gol penentu kemenangan Real Madrid atasi perlawanan Bayer Leverkusen dengan skor akhir 2-1.

Pemain asal Prancis tersebut benar-benar tidak menyia-nyiakan peluang yang didapatnya di kotak penalti.

Baca juga: 5 Pemain yang Jalani Pertandingan Terakhir di Laga PSG vs Bayern Munich

Baca juga: 5 Pemain yang Pernah Ribut dengan Mourinho, Nomor 1 dengan Eks Pemain Termahal Dunia

Namun, tak semua pemain seperti Zidane. Banyak dari pesepabola andal yang gagal memanfaatkan peluang emas di final Liga Champions.

Berikut lima pemain membuang kesempatan emas:

5. Andriy Shevchenko AC Milan vs Liverpool 2005

AC Milan, pasukan Carlo Ancelotti unggul 3-0 di babak pertama. Namun, secara mengejutkan Liverpool asuhan Rafa Benitez berhasil menyamakan kedudukan di babak kedua.

Foto/PA

Milan mengambil kendali permainan, dan terus menciptakan beberapa peluang yang sangat bagus, namun tetap tak ada gol tambahan

Di babak kedua perpanjangan waktu, Shevchenko memiliki peluang emas untuk membawa timnya juara.

Setelah mendapat umpan silang dari Serginho, bintang asal Ukraina melanjutkan umpan melalui sundugan tapi berhasil ditangkis kiper Liverpool Jerzy Dudek. Bola kembali memantul ke Shevchenko, sayang sepakannya dari jarak dekat lagi-lagi dimentahkan Dudek.

4. Arjen Robben Netherlands vs Spain 2010

Belanda dan Spanyol bersaing ketat di final Piala Dunia FIFA 2010, karena kedua negara ingin memenangkan gelar dunia pertama mereka di Stadion Soccer City di Johannesburg, Afrika Selatan.

Belanda mendapatkan peluang emas yang seharunya menjadi gol. Momen itu didapat oleh Arjen Robben yang sudah berhadapan satu-satu dengan kiper Timnas Spanyol, Iker Casillas.

Foto/Twitter

Sayangnya, sepakan Robben berhasil diblok meski Casillas sudah salah arah menebak bola akan ditendang. Bola tetap mengenai Casillas yang dijuluki Orang Suci dari Madrid.

Kedua tim terus bermain sama kuat hingga perpanjangan waktu. Dua menit menjelang berakhir, Andres Iniesta mencetak salah satu gol kemenangan untuk Timnas Spanyol.

3. Kylian Mbappe Paris Saint-Germain vs Bayern Munich 2020

Di final Liga Champions 2020, PSG menghadapi Bayern Munich dengan harapan bisa mengangkat trofi Liga Champions pertama mereka.

PSG menaruh harapan pada kedua penyerang andal mereka Neymar dan Kylian Mbappe.

Foto/Twitter UEFA

Mbappe hampir saja mencetak gol saat dia mendapat umpan matang dari Ander Herrera. Mbappe berhadapan langsung dengan kiper Bayern Munich Manuel Neuer, tetapi tembakannya sangat lemah dan jatuh di pelukan Neuer.

PSG malah kebobolan, setelah mantan anak didiknya, Kingsley Coman mencetak gol lewat sundulan usai mendapat umpan Joshua Kimmich.

2. Arjen Robben Bayern Munich vs Chelsea 2012

Ini seharusnya menjadi malam terbesar dalam sejarah Bayern Munich. Mereka memainkan final Eropa di kandang merea, Allianz Arena. Semuanya sesuai rencana, karena Thomas Muller membuat mereka unggul dengan sundulan di menit ke-83.

Namun sundulan Didier Drogba di menit ke-88 membawa pertandingan di perpanjang.

Foto/Twitter UEFA

Drogba hampir berubah dari pahlawan menjadi penjahat karena melanggar Franck Ribery di kotak penalti.

Robben yang maju sebagai penendang berusaha hati-hati saat menendang bola. Sayang kehati-hatiannya itu berubah menjadi bencana. Bola sepakanntya terlalu lemah dan mudah untuk ditangkap Petr Cech.

bayern akhirnya kalah dari Chelsea usai kedua tim beradu di babak penalti. Chelsea menang dengan skor 4-3.

1. Gonzalo Higuain Argentina vs Germany 2014

Dalam laga ini, Higuain memiliki beberapa peluang. Pada menit ke-tiga ia sempat mendapat kesempatan untuk membobol gawang Neuer, sayang sepakannya belum menemui sasaran.

Beberapa menit berselang, Higuain kembali dapatkan peluang. Kali ini adalah peluang emas. Memanfaatkan Blunder Toni Kroos, Higuain tinggal berhadapan satu lawan satu dengan Manuel Neuer. Sayang, upayanya gagal, karena tembakan mendatarnya justru melebar ke sisi kanan gawang.

Foto/Twitter

Horor Argentina terjadi pada babak kedua perpanjangan waktu. Mario Gotze berhasil menyelesaikan umpan silang Andre Schurrle yang berbuah gol tunggal dalam laga tersebut.

Higuain, Lionel Messi, dan Argentina pun akhirnya gagal gagal meraih menjadi juara Piala Dunia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini