PSSI Sebaiknya Serahkan Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2021 ke Negara Lain

Rachmat Fahzry, Jurnalis · Kamis 20 Agustus 2020 15:39 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 20 51 2265017 pssi-sebaiknya-serahkan-tuan-rumah-piala-dunia-u-20-2021-ke-negara-lain-FhV0o1gw9Z.JPG Fakhri Husaini. (Foto/Instagram Coach Fakhri)

JAKARTA – Eks pemain Tim Nasional (Timnas) Indonesia dan pelatih Timnas U-19, Fakhri Husaini menyarankan kepada Federasi Sepakbola Indonesia (PSSI) untuk menyerahkan status tuan rumah Piala Dunia U-20 2021 kepada negara lain.

Kritik Fakhri tersebut dilontarkan atas isu sejumlah pemain asing yang akan dinaturalasi guna memperkuat Timnas Indonesia U-20 di Piala Dunia U-20 2021, setelah mendapat pertanyaan dari media.

Foto/PSSI

“Jika memang PSSI sudah kehilangan rasa percaya dirinya terhadap para pemain lokal, serahkan saja status tuan rumah Piala Dunia U-20 kepada negara lain,” tulis dia mengutip akun Instgram-nya, Kamis (20/8/2020).

Baca juga: Penyebab Shin Tae-yong Coret 11 Pemain Seleksi Timnas Indonesia U-19

Baca juga: Jack Brown Senang Diberikan Kesempatan untuk Ikut TC Timnas Indonesia U-19

Indonesia sendiri memang telah ditunjuk Federasi Sepakbola Dunia (FIFA) untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2021 yang akan berlangsung pada Mei-Juni 2021 mendatang.

Timnas U-19 yang akan berlaga pada ajang akbar tersebut juga sudah melakukan persiapan dengan menjalani pemusatan pelatihan atau training center (TC) di bawah asuhan pelatih asal Korea Selatan, Shin Tae-yong. Latihan berlangsung di Stadion Madya Gelora Bung Karno, Jakarta.

Sejumlah pemain keturunan, seperti Jack Brown dan Elkan Baggott terlihat mengikuti latihan bersama Timnas Indonesia U-19.

Namun, demi memperkuat skuad Timnas U-19, beredar rumor yang menyebutkan ada lima pemain di bawah 19 tahun asal Brasil yang akan memperkuat Timnas U-19. Mereka bahkan sedang mengikuti seleksi bersama klub-klub peserta Liga 1 2020. Bahkan ada yang sudah resmi menjadi pemain.

Foto/Instagram Arema FC

Dari lima pemain tersebut, Persija mengumumkan sedang menyeleksi Thiago Apolina Pereira dan Maike Henrique Irine De Lima. Keduanya merupakan gelandang tengah, yang sama-sama berusia 19 tahun.

Sedangkan Arema FC memastikan bahwa klub resmi merekrut Pedro Bartoli dan Hugo Grillo yang berasal dari Brasil. Pedro (19) merupakan mantan pemain klub Liga Portugal, Deportivo Chaves. Sementara Hugo (18) pernah bermain bersama klub Brasil, Cuiaba EF sebagai bek. Seorang pemain dirumorkan akan mengikuti seleksi bersama Madura United.

Persija dan Arema FC mengaku para pemain muda asal Brasil itu didatangkan sebagai bentuk investasi jangka panjang. Bahkan manajemen Arema FC memiliki rencana untuk menaturalisasi kedua pemain anyar mereka.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini