Jajal 2 Pemain asal Brasil, Persija Tampung Calon Naturalisasi untuk Piala Dunia U-20 2021?

Bagas Abdiel, Jurnalis · Rabu 19 Agustus 2020 23:11 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 19 49 2264759 jajal-2-pemain-asal-brasil-persija-tampung-calon-naturalisasi-untuk-piala-dunia-u-20-2021-fojV8lK5Bq.jpg Timnas Indonesia U-19 (Foto: Laman resmi PSSI)

JAKARTA – Persija Jakarta baru saja mendatangkan dua pemain muda asal Brasil untuk memperkuat Macan Kemayoran –julukan Persija– di Liga 1 2020. Keduanya adalah Thiago Apolina Pereira dan Maike Henrique Irine De Lima.

Keduanya adalah pemain berposisi gelandang dan sama-sama berusia 19 tahun. Karena usianya yang masih muda, banyak pihak berspekulasi bahwa kedua pemain tersebut adalah calon pemain naturalisasi untuk Piala Dunia U-20 2021.

Persija Jakarta

Beberapa hari lalu, PSSI telah menyatakan bahwa akan membawa nama lima pemain asing yang akan dinaturalisasi. Mereka akan disiapkan untuk memperkuat skuad muda Tim Nasional (Timnas) Indonesia di ajang Piala Dunia U-20 2021.

Nama Maike Henrique pun masuk dalam daftar lima pemain yang rencananya akan diboyong untuk dinaturalisasi. Karena itu, kuat dugaan pula bahwa Thiago juga masuk dalam daftar lima pemain asing yang akan diubah kewarganegaraannya oleh PSSI.

Baca juga Persija Jakarta Seleksi Pemain Muda Asal Brasil

Terlebih, dalam melakukan naturalisasi pemain, PSSI kabarnya juga akan membawa pemain muda tersebut untuk masuk ke dalam klub lokal yang berkompetisi di Liga 1 2020. Karena itu, hal yang dilakukan Persija semakin memperkuat spekulasi tersebut.

Sementara itu, Thiago dan Maike sudah menjalani latihan bersama Persija pada Rabu (19/8/2020). Keduanya diharapkan bisa memperkuat Persija dalam menjalani kompetisi Liga 1 2020 yang akan bergulir kembali pada Oktober 2020.

Seandainya, Thiago dan Maike akan menjadi pemain naturalisasi, maka Persija tidak perlu kerepotan dalam hal kuota pemain asing. Pasalnya, Thiago dan Maike akan masuk dalam kategori pemain lokal karena telah mengubah status warga negara menjadi Indonesia.

Belum lagi, PT Liga Indonesia Baru (LIB) juga membuat peraturan soal pemain muda di ajang Liga 1 2020. Para penggawa U-20 pun diwajibkan untuk masuk dalam line-up tim demi mengembangkan potensi pemain jelang Piala Dunia U-20 2021.

“Melihat perkembangan situasi dan kondisi yang terjadi, maka kami memutuskan untuk mencoba menambah amunisi pemain asing untuk melengkapi komposisi tim,” ujar Prapanca, mengutip dari laman resmi Persija, Rabu (19/8/2020).

“Apakah kita pakai semua, atau salah satu saja, tentu tergantung dengan situasi dan kondisi serta kebutuhan dari tim,” pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini