5 Pemain Persija yang Menggunakan Nomor Punggung 7

Rachmat Fahzry, Jurnalis · Rabu 12 Agustus 2020 19:36 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 12 49 2261245 5-pemain-persija-yang-menggunakan-nomor-punggung-7-KO4sUZ2IMZ.jpg Ramdani Lestaluhu. (Foto/Persija)

Sebelum Cristiano Ronaldo tenar dengan nomor punggung 7 di Manchester United, ada megabintang lainnya di Setan Merah yang merekah. Dia David Beckham. Tampil di sektor kanan, Beckham menjadi salah satu pemain sayap terbaik di dunia dengan umpang-umpan apiknya.

Setelah sang megasuperstar pindah ke Real Madrid, Ronaldo muncul mengenakan nomor punggung 7. Dia tidak seperti pendahulunya yang andal dalam mengoper, Ronaldo berani menggiring bola hingga ke daerah pertahanan lawan.

Nomor punggung 7 kemudian semakin populer, dan membuat beberapa pemain merasa berat untuk mengenakannya karena daya magis nomor tersebut. Namun, ada juga pemain yang berhasil mengenakan nomor punggung 7, termasuk sejumlah pemain Persija Jakarta.

Berikut 5 pemain tim Macan Kemayoran yang pernah menggunakan nomor punggung 7, melansir laman Persija:

Widodo Cahyono Putro

Sejatinya nomor punggung 7 bukanlah nomor pertamanya di Persija. Justru ia sempat menggunakan nomor punggung 10.

Foto/Ist

Namun, permintaan Luciano Leandro di tahun 2001 membuat pria yang saat ini menjabat pelatih Persita Tangerang merubahnya nomor punggungnya menjadi nomor punggung 7.

Justru nomor punggung ini berbuah hasil gelar juara berhasil ia raih bersama Macan Kemayoran.

Aris Indarto

Sangat menarik mengingat Aris merupakan pemain bertahan, jarang pastinya ada pemain belakang menggunakan nomor punggung 7.

Baca juga: Cerita Pemain Persija saat Suporter Minta Pelatih Mengunci Dirinya di Toilet 

Baca juga: Usia 40 Tahun, Ismed Sofyan Ungkap Rahasia Bisa Bermain Konsisten

Selama dua musim, Aris tetap menjaga martabat nomor ini dengan pemain lugasnya di lini belakang.

Ia sukses membawa Macan Kemayoran dua kali ke partai final namun keduanya gagal diraihnya. Aris menggunakan nomor punggung itu hingga 2005.

Marwal Iskandar

Pencapaian terbaik Marwal bersama Persija adalah semifinal Liga Indonesia 2007 dan peringkat tiga Copa Indonesia (2006 dan 2007).

Atep

Selama satu musim ia menggunakan nomor punggung 7 di Persija. Atep sebelumnya menggunakan nomor punggung 28 di Persija.

Foto/Okezone

Ramdani Lestaluhu

Ramdani sebelum mengenakan nomor punggung 7, sempat meminta izin kepada dua legenda Persija yang juga pernah menggunakan nomor punggung 7 yakni Widodo Cahyono Putro dan Aris Indarto.

Kini setelah 10 musim melekat dengan nomor punggung 7 di Persija, Ramdani telah menjelma menjadi salah seorang ikon klub.

Ia juga turut andil dalam kesuksesan Persija merebut tiga gelar bergengsi di musim 2018, termasuk gelar Piala Presiden dan Liga 1.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini