Andrea Pirlo Jadi Pelatih Juventus, Ini Respons Conte

Ramdani Bur, Jurnalis · Senin 10 Agustus 2020 10:45 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 10 47 2259630 andrea-pirlo-jadi-pelatih-juventus-ini-respons-conte-ZXwfjAlZbX.jpg Pirlo (kanan), pelatih anyar Juventus. (Foto: @Pirlo_Official)

TURIN – Pelatih Inter Milan, Antonio Conte, menyambut positif ditunjuknya Andrea Pirlo sebagai juru taktik Juventus. Conte menilai Pirlo sebagai sosok luar biasa yang dapat mendongkrak performa Bianconeri –julukan Juventus.

Pirlo ditunjuk sebagai pelatih Juventus pada Sabtu 9 Agustus 2020 dini hari WIB. Pelatih 41 tahun itu dipilih setelah beberapa jam sebelumnya, manajemen si Nyonya Tua memecat Maurizio Sarri dari kursi pelatih.

Andrea Pirlo

Ditunjuknya Pirlo sebenarnya hal yang mengejutkan. Sebab, Pirlo yang dikontrak hingga 30 Juni 2022 itu tidak memiliki pengalaman melatih, baik di level junior maupun senior.

Sebenarnya pada Kamis 30 Juli 2020, Pirlo baru saja ditunjuk sebagai pelatih tim Juventus U-23 yang turun di Serie C 2020-2021. Akan tetapi, sembilan hari berselang, Pirlo langsung diangkat menjadi pelatih tim senior Juventus.

Penunjukan Pirlo di atas membuatnya langsung dibanding-bandingkan dengan Zinedine Zidane. Sekadar informasi ketika ditunjuk sebagai pelatih Madrid pada Januari 2016, Zidane tidak memiliki pengalaman melatih di level senior.

BACA JUGA: Jadi Pelatih Juventus, Pirlo Akan Gunakan Formasi 4-3-3 dan Rekrut Isco

Namun, Zidane saat itu memiliki pengalaman menangani tim Madrid U-17 dan juga Castilla. Bahkan pada 2013-2014, Zidane menjadi asisten pelatih Carlo Ancelotti ketika Los Blancos –julukan Madrid– meraih trofi Liga Champions dan Copa del Rey.

Karena itu, nada pesimistis perihal penunjukan Pirlo muncul dari berbagai pihak. Legenda Chelsea yang berpaspor Italia, Gianfranco Zola, merupakan salah satu yang terkejut soal penunjukan di atas.

Andrea Pirlo

Akan tetapi, Conte tidak senada dengan Pirlo. Pelatih 51 tahun itu optimistis Pirlo dapat meningkatkan prestasi Juventus.

Conte sendiri paham betul kualitas Pirlo. Keduanya sempat bahu-membahu sebagai pemain-pelatih di Juventus dari 2011-2014. Kombinasi keduanya saat itu menghasilkan tiga trofi Liga Italia bagi publik Stadion Allianz.

“Saya tentu senang dengan penunjukan Andrea (Pirlo) sebagai pelatih Juventus. Selain apa yang telah ia berikan untuk sepakbola, kami berbicara tentang orang yang luar biasa,” kata Conte mengutip dari Sportskeeda, Senin (10/8/2020).

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini