Toure Bongkar Kelemahan Van Dijk dalam Bertahan

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Selasa 04 Agustus 2020 06:03 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 04 45 2256494 toure-bongkar-kelemahan-van-dijk-dalam-bertahan-M4s0FYi4TP.jpg Marcus Rashford mampu membuat Virgil van Dijk tersungkur (Foto: Premier League)

LIVERPOOL – Kukuhnya lini pertahanan Liverpool tidak bisa dilepaskan dari sosok Virgil Van Dijk. Pemain berpaspor Belanda itu sangat sigap dalam mengawal jantung pertahanan Si Merah. Namun, ia bukan tanpa kelemahan, seperti yang diungkapkan oleh Kolo Toure.

Data statistik bisa menunjukkan kontribusi besar Virgil van Dijk dalam mengawal lini belakang Liverpool. Skuad arahan Jurgen Klopp itu menjadi kesebelasan dengan jumlah kemasukan paling sedikit di Liga Inggris 2019-2020, yakni 33 gol.

Eks pemain Southampton itu tercatat 23 kali melancarkan tekel dengan rasio sukses mencapai 52%. Dua dari 23 tekel itu dilakukan sebagai orang terakhir di lini pertahanan. Ia juga termasuk pandai membaca arah serangan lawan dengan melakukan 40 kali intersep serta 162 sapuan.

Baca juga: Sengaja Batuk, Pemain di Liga Inggris Bakal Dikartu Merah

Virgil van Dijk sangat tangguh di belakang (Foto: Premier League)

Indikator-indikator tersebut sudah cukup untuk mengupas kekuatan Virgil Van Dijk di belakang. Tentu saja, sebagai manusia biasa, pemain berusia 29 tahun itu masih memiliki kelemahan. Mantan pemain belakang Liverpool, Kolo Toure mengungkapkan kelemahan utamanya.

“Dia adalah pemain yang luar biasa. Dia memiliki kecepatan, tubuh yang tinggi, dan lompatan luar biasa. Dia juga punya teknik yang matang. Singkatnya, dia hampir memiliki segalanya,” papar Kolo Toure, seperti dimuat Goal, Selasa (4/8/2020).

“Namun, saya belum pernah melihat ada pemain yang berani mengajaknya duel satu lawan satu. Menurut saya, itu kelemahannya. Dia sangat tinggi dan jika Anda menyerangnya dengan bola di kaki, dia bisa kesulitan,” imbuh pria asal Pantai Gading itu.

Data statistik lagi-lagi berbicara. Virgil Van Dijk tercatat hanya mampu memenangi duel 50-50 atau satu lawan satu sebanyak tiga kali saja. Total, ia kalah dalam 80 kesempatan duel dalam situasi apapun sepanjang Liga Inggris 2019-2020.

Jarangnya duel satu lawan satu terjadi dengan Virgil van Dijk tidak terlepas dari kecerdasan sang pemain sendiri. Menurut Kolo Toure, mantan pemain Glasgow Celtic itu sangat cerdas dan beruntung ditemani oleh duet yang cukup handal menghentikan pemain dengan kemampuan menggiring bola di atas rata-rata.

“Dia sangat pintar karena bisa memutar badan dengan cepat. Namun, jika Anda sangat agresif menyerang dalam situasi satu lawan satu, sepertinya Anda bisa menang melawan dia,” urai Kolo Toure.

“Dia benar-benar pemain yang pintar. Dia memiliki banyak pemain di sisinya yang bisa membantu. Ada banyak pemain berkualitas yang membuatnya permainan menjadi lebih gampang buat van Dijk,” tutup kakak dari Yaya Toure tersebut.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini