Guardiola Yakin Klopp Bisa Sukses di Mana pun

Hendry Kurniawan, Jurnalis · Selasa 28 Juli 2020 16:58 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 28 45 2253470 guardiola-yakin-klopp-bisa-sukses-di-mana-pun-LyVUkfTvTc.JPG Jurgen Klopp dan Josep Guardiola (Foto: AFP)

MANCHESTER – Keberhasilan Liverpool menjuarai Liga Inggris 2019-2020 tentunya tak lepas dari kehebatan Jurgen Klopp dalam meramu tim. Untuk ini, Manajer Manchester City, Josep Guardiola, memberikan ucapan selamat kepada pesaingnya tersebut.

Guardiola sejatinya tidak memungkiri bahwa Klopp adalah sosok pelatih yang hebat. Sebelum menangani Liverpool, Klopp telah menunjukkan tajinya terlebih dahulu bersama Borussia Dortmund.

Pada musim kompetisi 2010-2011 dan 2011-2012, Klopp berhasil mengantarkan Dortmund menjuarai Liga Jerman. Ini tentu menjadi prestasi yang luar biasa, mengingat mereka bersaing dengan Bayern Munich yang dihuni oleh para pemain top dunia.

Baca juga: Klopp Ungkap Kedekatannya dengan Sir Alex Ferguson

Jurgen Klopp di Dortmund

Kendati demikian, patut dicatat bahwa Klopp tidak pernah meraih kesuksesan dengan cara yang instan. Klopp sebenarnya direkrut oleh Dortmund sejak 2008, namun ia baru bisa mempersembahkan trofi untuk Die Borussen tiga tahun setelahnya.

Hal serupa juga ditunjukkan Klopp saat menangani Liverpool. Pelatih kelahiran Stuttgart itu direkrut The Reds pada musim panas 2015. Akan tetapi, Klopp baru bisa memberikan trofi di 2019 saat mengantarkan Liverpool menjuarai Liga Champions.

Hal ini tentunya menunjukkan bahwa usaha keras tak akan pernah mengkhianati hasil. Dengan modal seperti ini, Guardiola yakin bahwa Klopp akan bisa meraih sukses di mana pun berada.

“Klopp adalah orang yang luar biasa, saya suka menjadi rekannya, dan bersaing dengannya dan melawannya. Saya pikir dia adalah manajer yang luar biasa. Dia menunjukkannya di Jerman dan sekarang di Inggris, dan di mana pun dia berada, dia akan sukses," sanjung Guardiola, mengutip dari Daily Mail, Selasa (28/7/2020).

Saat ini, Klopp masih memiliki masa kontrak bersama Liverpool hingga 30 Juni 2024. Meski beberapa kali ia dirumorkan bakal menangan tim lain, namun Klopp selalu menegaskan bahwa dirinya menghormati kontrak di Liverpool.

Jurgen Klopp

Akan tetapi, jika nanti tiba waktunya bagi Klopp meninggalkan Liverpool, pelatih 53 tahun itu mengaku tak akan langsung menangani tim lain. Klopp pasalnya ingin cuti terlebih dahulu dari dunia sepakbola.

“Jika saya memutuskan sendiri bahwa saya tidak dapat melanjutkan lagi (di Liverpool), saya akan beristirahat dan pada tahun itu saya harus membuat keputusan yang pasti (soal kelanjutan kariernya),” beber Klopp.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini