Share

Resmi Pensiun, Leighton Baines Mungkin Dapat Peran Baru dari Everton

Andika Pratama, Jurnalis · Selasa 28 Juli 2020 12:54 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 28 45 2253250 resmi-pensiun-leighton-baines-mungkin-dapat-peran-baru-dari-everton-jgSvBRXzBH.jpg Leighton Baines (Foto: AFP/Paul Ellis)

LIVERPOOL – Leighton Baines mengambil keputusan besar dalam kariernya ketika Liga Inggris 2019-2020 berakhir. Pria berumur 35 tahun itu memutuskan pensiun dari dunia sepakbola, yang telah membesarkan namanya.

Baines memainkan pertandingan tearkhirnya saat Everton melawan Bournemouth pada pekan terakhir Liga Inggris. Pada pertandingan yang berlangsung di Goodison Park itu, Baines masuk menggantikan Lucas Digne pada menit ke-70.

Leighton Baines (Foto: Sportskeeda)

Namun, pertandingan pamungkas Baines bersama Everton tidak berakhir manis. The Toffees –julukan Everton– menderita kekalahan telak 1-3 dari Bournemouth. Gol-gol Bournemouth tercipta melalui aksi Joshua King (13’), Dominic Solanke (45’), dan Junior Stanislas (80’). Sementara itu, Everton hanya bisa membalas lewat gol dari Moise Kean (41’).

Kekalahan mencederai pertandingan terakhir Baines, tetapi itu tidak mengurangi maknanya. Baines tetap jadi sorotan pada pertandingan tersebut. Pemain berpaspor Inggris itu menyudahi karier profesionalnya dalam pertandingan ke-420 untuk Everton.

BACA JUGA: Megan Davison, sang Pemikat Hati Jordan Pickford sejak Masa Remaja

Baines bergabung ke Everton dari Wigan Athletic pada musim panas 2007. Selama berkostum Everton, Baines mencetak 39 gol dan membuat 67 assist. Kekurangan pemain yang berposisi bek kiri itu adalah tidak ada trofi yang dipersembahkan untuk Everton.

The Toffees sejatinya berniat memperpanjang Baines kontrak Baines yang habis pada akhir musim ini. Akan tetapi, perpanjangan kontrak berdurasi 12 bulan dari Everton ditolak Baines. Pemain berumur 35 tahun itu lebih memiih pensiun.

“Leighton Baines memutuskan untuk tidak meneruskan kariernya. Saya rasa semua pendukung Everton harus berterima kasih padanya. Kami sangat ingin dia bertahan karena pengalaman dan kepemimpinannya dibutuhkan. Itulah keputusannya, kami harus menghormati,” kata Pelatih Everton, Carlo Ancelotti, menyadur dari Sky Sports, Selasa (28/7/2020).

Meski sudah pensiun, tenaga Baines sepertinya masih akan dipakai Everton. Ancelotti membeberkan bahwa Everton sedang memikirkan peran baru bagi Baines pada musim depan. Bagaimanapun, Baines memiliki pengetahuan dan pengalaman yang akan bermanfaat untuk The Toffees.

"Bahasan klub adalah memikirkan peran baru Baines di klub. Kami ingin tahu apa yang ingin ia lakukan dan kemudian melihat apakah kami dapat menggunakan pengetahuan dan pengalamannya," ujar Ancelotti, mengutip dari Daily Star.

Everton tidak akan pusing mencari pengganti Baines di sisi kiri pertahanan. Sebab, Everton sudah memiliki Lucas Digne yang punya kualitas mumpuni sebagai bek kiri. The Toffees hanya tinggal mencari pelapis untuk Digne pada musim panas 2020.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini