Bukan Ramos, Van Dijk Diklaim sebagai Bek Tengah Terbaik di Dunia saat Ini

Andika Pratama, Jurnalis · Senin 27 Juli 2020 20:41 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 27 45 2253001 bukan-ramos-van-dijk-diklaim-sebagai-bek-tengah-terbaik-di-dunia-saat-ini-RwexDxGpaW.jpg Virgil van Dijk (Foto: Twitter/@LFC)

LIVERPOOL Virgil van Dijk memberikan efek besar untuk Liverpool sejak bergabung pada bursa transfer musim dingin 2018. Performa apik Van dijk membuat pertahanan Liverpool yang dulu rapuh, jadi kukuh sehingga tidak mudah ditembus lawan.

Banyak pihak menyanjung performa Van Dijk bersama The Reds –julukan Liverpool, salah satunya adalah sang rekan setim, Andy Robertson. Robertson menegaskan bahwa pemain berpaspor Belanda itu adalah bek tengah terbaik di dunia sekarang.

Virgil van Dijk (Foto: Laman resmi Liverpool)

Robertson menilai Van Dijk adalah sosok yang baik, saat di dalam dan luar lapangan. Hal itu membuat banyak orang menghormati Van Dijk, dan Robertson adalah salah satunya. Kebaikan serta kualitas Van Dijk mengantarkannya jadi kapten ketiga Liverpool.

“Virg –sapaan akrab Van Dijk– adalah bek terbaik di dunia, dan saya suka dia berada di sisi kiri bersama saya. Pria besar itu benar-benar berkelas dalam segala hal yang dia lakukan. Dia membawa dirinya dengan baik di dalam dan di luar lapangan, dan banyak orang menghormatinya, saya salah satu dari mereka,” ujar Robertson, menyadur dari Sportsmole, Senin (27/7/2020).

BACA JUGA: Libas Newcastle 3-1, Van Dijk Senang Liverpool Tutup Liga Inggris dengan Manis

Pemain berpaspor Belanda itu adalah kapten ketiga Liverpool, setelah Jordan Henderson dan James Milner. Jika Henderson dan Milner absen, Van Dijk akan memimpin Liverpool untuk memenangkan pertandingan. Menurut Robertson, Van Dijk membawa Liverpool lebih maju daripada sebelumnya.

"Dia adalah pemimpin yang fantastis, seorang lelaki fantastis. Saya suka bermain dengannya, menempatkannya di lini pertahanan, dan sejak dia ditandatangani, dia membawa kami maju,” tuturnya.

Van Dijk menjadi jenderal di pertahanan Liverpool. Akan tetapi, pemain berpapor Belanda itu tidak bekerja sendirian untuk membuat pertahanan Liverpool sekukuh sekarang. Ada jasa Robertson, Trent Alexander-Arnold, dan juga Alisson Becker.

Van Dijk membuat jantung pertahanan Liverpool tidak mudah tidak mudah ditembus. Jika Van Dijk gagal menghadang lawan, ada Alisson di bawah mistar gawang yang menjadi tembok terakhir pertahanan Liverpool.

Sementara itu, Robertson dan Trent lebih berperan dalam serangan Liverpool. The Reds yang tidak punya gelandang kreatif sangat mengandalkan setiap umpan akurat dari kedua bek sayapnya itu. Pada musim ini, Robertson membuat 12 assist sedangkan Trent mencatatkan tiga assist lebih banyak dari rekannya tersebut.

Kukuhnya pertahanan Liverpool melengkapi agresivitas serangan Liverpool. Kombinasi itu membawa Liverpool menjuarai Liga Champions 2018-2019, Piala Super Eropa 2019, Piala Dunia Klub 2019, dan Liga Inggris 2019-2020, dalam kurun waktu kurang dari 12 bulan terakhir.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini