5 Pemain Gratisan Paling Sukses 10 Tahun Terakhir, Nomor 1 Muncul sebagai Pesepakbola Termahal

Djanti Virantika, Jurnalis · Kamis 23 Juli 2020 12:40 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 23 51 2250854 5-pemain-gratisan-paling-sukses-10-tahun-terakhir-nomor-1-muncul-sebagai-pesepakbola-termahal-8Eb2IJUcZl.jpg Paul Pogba. (Foto: Sportskeeda)

SETIAP klub selalu berusaha memanfaatkan dengan baik momen dibukanya bursa transfer pada setiap musimnya. Sebab, mereka tentu saja berharap bisa menorehkan hasil yang jauh lebih manis saat memiliki pemain baru di klub.

Demi mewujudkan harapan tersebut, klub-klub pun tak jarang harus menggelontorkan dana besar karena membidik pemain-pemain bintang. Tetapi, beberapa klub juga memanfaatkan status bebas transfer alias gratis yang disandang beberapa pemain.

Meski didapat secara gratis, kiprah beberapa pemain ini bisa terlihat begitu manis. Kontribusi besar tak jarang ditunjukkan mereka hingga membawa klub meraih berbagai gelar juara. Kini, Okezone pun akan membahas pemain-pemain tersebut. Sebagaimana dikutip dari berbagai sumber, berikut lima pemain gratisan paling sukses dalam 10 tahun terakhir.

5. Miroslav Klose

Di urutan kelima, ada nama Miroslav Klose. Ia direkrut tim asal Italia, Lazio, secara gratis pada bursa transfer musim panas 2011. Klose memutuskan bergabung ke Lazio setelah kontraknya bersama klub papan atas Jerman, Bayern Munich, tak diperpanjang.

Miroslav Klose

Klose sendiri datang ke Lazio dalam usia yang sudah tak muda lagi, yakni menginjak 33 tahun. Meski begitu, penyerang asal Jerman itu bisa menyuguhkan penampilan yang apik. Klose tercatat bisa membukukan 63 gol dan 35 assist dari 171 penampilannya bersama Lazio. Kini, ia telah pensiun dari kariernya sebagai pesepakbola profesional. Hal itu tercatat terjadi sejak musim 2015-2016.

4. Andrea Pirlo

Kemudian, ada nama Andrea Pirlo. Ia juga menyandang status sebagai pemain gratisan saat datang ke Juventus. Pirlo bergabung ke Bianconeri –julukan Juventus– setelah kontraknya dengan AC Milan habis pada akhir musim 2010-2011.

Andrea Pirlo

Sama seperti Klose, Pirlo juga hijrah ke Juventus dalam usia yang sudah tak muda lagi. Gelandang asal Italia itu telah menginjak usia 32 tahun. Tetapi, Pirlo mampu membuktikan bahwa performanya tak habis dimakan usia.

Sebanyak 19 gol dan 38 assist tercatat berhasil disumbangkannya kepada Juventus saat tampil di 169 laga. Berkat kontribusinya, ia bisa mengantarkan Juventus meraih empat gelar juara Liga Italia.

3. Robert Lewandowski

Siapa yang tak kenal Robert Lewandowski. Namanya begitu tersohor karena penampilan apik yang terus ditunjukkan dalam setiap pertandingan. Ia pun telah menjadi salah satu pemain bintang dan memainkan peran penting di klub saat ini, yakni Bayern Munich.

Robert Lewandowski

Bayern bisa dibilang sangat untung bisa mendapatkan jasa Lewandowski. Selain bisa meningkatkan performa tim, Lewandowski juga didatangkan secara gratis oleh Bayern. Sebab, kontraknya dengan Borussia Dortmund telah berakhir di penghujung musim 2013-2014.

Kini, Lewandowski sendiri telah menjadi keran gol untuk Bayern. Ia berhasil mencetak 242 gol dan 53 assist dari 285 penampilannya bersama Bayern. Penyerang asal Polandia itu pun baru saja mengantarkan Bayern menjuarai Liga Jerman 2019-2020.

2. Zlatan Ibrahimovic

Zlatan Ibrahimovic juga masuk daftar pemain gratisan paling sukses dalam 10 tahun terakhir. Ibrahimovic bahkan menyandang status sebagai pemain gratisan itu saat direkrut oleh beberapa klub.

Zlatan Ibrahimovic

Salah satunya adalah Manchester United. Penyerang asal Swedia itu datang ke Man United pada musim panas 2016 setelah kontraknya di Paris Saint-Germain (PSG) berakhir. Selama di Man United, Ibrahimovic dapat membukukan 29 gol dan membuat 10 assist hingga meraih beberapa gelar juara salah satunya adalah Liga Eropa pada musim 2016-2017.

Setelah itu, Ibrahimovic hijrah ke klub asal Amerika Serikat, yakni Los Angeles (LA) Galaxy, pada 2018 dengan status bebas transfer. Kini, Ibrahimovic kembali ke klub lamanya, yakni AC Milan. Ia juga direkrut Milan secara gratis pada musim dingin 2020.

1. Paul Pogba

Terakhir, ada nama pemain bintang Manchester United, Paul Pogba. Gelandang asal Prancis itu juga pernah menjadi pemain gratisan saat direkrut Juventus pada musim panas 2012. Sebab, kontraknya berakhir dengan Man United kala itu.

Paul Pogba

Di Juventus, Pogba pun berhasil tampil dengan apik dengan mencetak 34 gol dan membuat 40 assist dari 178 penampilannya. Kondisi ini akhirnya membuat Man United tertarik merekrut kembali Pogba.

Pihak Man United bahkan perlu merogoh kocek hingga 105 juta euro untuk membawa pulang Pogba pada 2016. Dengan dana itu, Pogba pun direkrut Man United pada 2016 dengan status pemain termahal dunia.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini