Raih Trofi Zamora, Thibaut Courtois Lagi-Lagi Cetak Sejarah Baru

Rivan Nasri Rachman, Jurnalis · Selasa 21 Juli 2020 00:12 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 21 46 2249480 raih-trofi-zamora-thibaut-courtois-lagi-lagi-cetak-sejarah-baru-aM7Nch6wMr.jpg Kiper Real Madrid, Thibaut Courtois. (Foto: Reuters)

MADRID – Kiper Real Madrid, Thibaut Courtois dipastikan menjadi penjaga gawang terbaik di La Liga Spanyol 2019-2020. Penampilan Courtois yang mampu melakukan 18 clean sheet dan 20 kali kebobolan menjadikannya layak menyabet trofi Zamora di musim ini.

Seperti yang diketahui, sudah menjadi tradisi bahwa trofi Zamora bakal diberikan di setiap akhir musim La Liga Spanyol kepada kiper yang tampil baik di sepanjang tahun kompetisi tersebut. Courtois yang mampu mencatatkan 20 kali kebobolan dan 18 clean sheet dari 34 penampilannya di Liga Spanyol 2019-2020 membuatnya berhak untuk mendapatkan penghargaan individu tersebut.

Sebab tak ada lagi kiper di La Liga Spanyol 2019-2020 yang mampu mencatatkan kebobolan paling sedikit dan jumlah clean sheet paling banyak seperti yang dilakukan Courtois di musim tersebut. Jadi, wajar saja jika mantan kiper Chelsea itu mendapatkan penghargaan kiper terbaik La Liga Spanyol 2019-2020 itu.

Baca Juga: Courtois Bersinar di Real Madrid, Martinez: Dia Kiper Terbaik di Dunia!

Thibaut Courtois bersama trofi Liga Spanyol

Pencapaian yang dilakukan Courtois itu lantas membuat kembali mencetak sejarah baru. Tepatnya kiper berusia 28 tahun itu menjadi kiper pertama yang berhasil mendapatkan trofi Zamora untuk dua klub Raksasa Madrid, yakni Atletico Madrid dan Real Madrid.

Sebelumnya, Courtois memang sudah pernah mencicipi gelar trofi Zamora saat masih di Atletico. Bahkan saat masih membela Atletico, Courtois dua kali menjadi kiper terbaik La Liga Spanyol, tepatnya pada musim 2012-2013 dan 2013-2014.

Jadi, penghargaan kiper terbaik di La Liga Spanyol musim ini adalah trofi ketiga Courtois di sepanjang kariernya bersepakbola di kompetisi tersebut. Tentu pencapaian yang sungguh luar biasa bagi Courtois yang pada musim pertamanya di Madrid justru tampil mengecewakan.

Menariknya selain trofi Zamora, Courtois juga telah menuliskan sejarah baru untuk dua klub Madrid tersebut pada beberapa hari yang lalu. Tepatnya Courtois menjadi pemain pertama yang mengantarkan dua tim rivalitas sekota, Madrid dan Atletico untuk menjadi juara Liga Spanyol.

Jauh sebelum membantu Madrid meraih gelar juara La Liga Spanyol 2019-2020, Courtois sudah pernah menolong Atletico terlebih dahulu untuk mendapatkan trofi juara kompetisi tersebut. Kejadian itu tepatnya terjadi pada musim 2013-2014, ketika itu Courtois berstatus pemain Chelsea yang sedang dipinjamkan ke Atletico.

Thibaut Courtois

Kini, penghargaan kiper terbaik La Liga Spanyol 2019-2020 itu menjadi bukti betapa hebatnya Courtois dalam menjaga gawang tim yang sedang dibelanya. Keputusan Madrid untuk memboyongnya dari Chelsea pada Agustus 2018 silam benar-benar tepat, walau memang sempat ada keraguan di musim pertama Courtois tampil di klub tersebut.

Dikatakan tepat karena Courtois memang memegang peranan penting atas keberhasilan Madrid meraih gelar ke-34 La Liga Spanyol mereka di musim ini. Tanpa adanya penyelamatan-penyelamatan gemilang dari Courtois, mungkin Madrid sudah mengalami banyak kebobolan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini