Pengakuan Khedira yang Pernah Tak Puasa Ramadhan

Ramdani Bur, Jurnalis · Minggu 19 Juli 2020 11:20 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 19 47 2248692 pengakuan-khedira-yang-pernah-tak-puasa-ramadhan-8koTKKrDm7.jpg Sami Khedira (tengah) saat berlatih bersama Juventus. (Foto: @SamiKhedira)

TURIN – Juventus merupakan salah satu klub yang rutin menggunakan jasa pemain-pemain Beragama Islam. Tercatat sepanjang sejarah berdirinya klub, ada 15 pemain Juventus yang beragama Islam.

Dari jumlah di atas, satu di antaranya merupakan gelandang asal Jerman, Khedira. Gelandang 33 tahun itu memang berpaspor Jerman, namun memiliki darah keturunan Tunisia. Sekadar informasi, Tunisia berasal dari Afrika Utara, yang mana mayoritas warganya beragama Islam.

SAMI KHEDIRA

Sebagai muslim yang taat, wajib bagi Khedira melaksanakan sholat lima waktu dan berpuasa di bulan Ramadhan. Hanya saja, untuk puasa Ramadhan, Khedira mengaku kerap melewatkannya.

Hal itu karena puasa Ramadhan bertepatan dengan musim kompetisi sepakbola di Eropa yang masih berjalan. Jika Khedira memutuskan berpuasa, mantan gelandang VfB Suttgart itu bisa kehilangan cairan yang dibutuhkan tubuhnya.

Karena itu, Khedira yang dikenal sebagai pria kompetitif, mengaku kerap tidak berpuasa di bulan Ramadhan. Hal itu tidak mengherankan, jika dipaksasakan Khedira bisa mengalami sesuatu yang tidak diinginkan. Mengingat ketika membela Real Madrid, Khedira bisa berpuasa 16-18 jam setiap harinya.

BACA JUGA: Georgina Rodriguez Ungkap Harta Paling Berharga, Apa Itu?

“Seorang muslim seharusnya berpuasa selama bulan Ramadan sejak matahari terbit sampai tenggelam. Tapi, saya adalah atlet yang kompetitif, saya membutuhkan tenaga yang tidak mungkin saya dapatkan tanpa makanan," kata Khedira ketika membela Madrid pada 2012.

Terlepas dari itu, Khedira menjalani musim yang kurang baik bersama Juventus musim ini. Total, gelandang berambut rapi itu baru melakoni 12 pertandingan di Liga Italia 2019-2020 karena mengalami masalah otot kaki.

Sami Khedira

Padahal, tenaga Khedira dibutuhkan Juventus yang memasang target tinggi musim ini. Saat ini, Juventus memburu trofi Liga Italia 2019-2020.

Hingga pekan ke-33, Juventus duduk di puncak klasemen dengan koleksi 77 angka, unggul enam poin dari Inter Milan di tempat kedua. Sementara di Liga Champions, Juventus akan bersua Olympique Lyon di leg II babak 16 besar Liga Champions, 7 Agustus 2020.

Untuk lolos ke perempatfinal, Juventus wajib menang dengan selisih dua gol. Sebab, pada leg I yang digelar di markas Lyon, Juventus tumbang 0-1.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini