Aturan Pergantian Lima Pemain Tetap Berlaku Musim Depan

Andika Pratama, Jurnalis · Kamis 16 Juli 2020 01:13 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 16 51 2247107 aturan-pergantian-lima-pemain-tetap-berlaku-musim-depan-CNcyXdpl4u.jpg Pergantian pemain (Foto: Twitter/@FIFAmedia)

ZURICH IFAB (International Football Association Board) telah resmi memutuskan bahwa aturan pergantian lima pemain akan tetap digunakan pada kompetisi yang akan selesai pada 31 Juli 2021. Aturan tersebut juga akan berlaku pada kompetisi internasional yang bergulir pada Juli atau Agustus 2021.

FIFA pertama kali mengusulkan penambahan jatah pergantian pemain kepada IFAB pada April 2020. Usulan itu adalah solusi sementara agar para pemain tetap bugar, ketika berlaga dalam jadwal yang padat pada sisa musim 2019-2020.

Pergantian Pemain (Foto: UEFA)

Jadwal setiap kompetisi musim ini seketika menjadi padat, setelah terjadi penangguhan karena pandemi virus corona (Covid-19). Setiap asosiasi sepakbola terpaksa memadatkan jadwal pertandingan demi menyelesaikan kompetisi musim ini.

Namun, risiko cedera menanti para pemain yang bertanding dalam jadwal yang padat tersebut. Oleh sebab itu, FIFA mengusulkan aturan pergantian lima pemain kepada IFAB.

BACA JUGA: 5 Cerita Transfer yang Dijamin Bikin Anda Terkejut, Nomor 1 Zidane Hampir Gabung Blackburn

IFAB yang melakukan peninjauan mendalam terhadap situasi sekarang pun menyetujui usulan FIFA pada 8 Mei 2020. Akan tetapi, aturan itu tidak serta-merta diterapkan pada setiap kompetisi. Setiap asosiasi sepakbola memiliki hak untuk memilih menggunakan aturan tersebut atau tidak.

Kompetisi top-top Eropa di Inggris, Italia, Spanyol, dan Jerman menggunakan aturan tersebut. Praktik aturan pergantian lima pemain memberikan dampak positif bagi setiap kompetisi yang menggunakannya.

Menilik pada dampak positif, perkembangan pandemi, dan kemungkinan padatnya jadwal kompetisi musim depan, IFAB akhirnya tetap memberlakukan aturan pergantian lima pemain. Setiap asosiasi kembali diberi kebebasan untuk menggunakan aturan itu atau tidak seperti sebelumnya.

“Setelah keputusan yang diambil pada tanggal 8 Mei 2020 untuk memberikan kompetisi yang dijadwalkan selesai pada tahun 2020, pilihan untuk memungkinkan tim menggunakan hingga lima pergantian, Dewan Direksi IFAB telah sepakat untuk meninjau apakah akan memperpanjang opsi ini lebih lanjut. Atas dasar tinjauan mendalam ini, yang mencakup umpan balik pemangku kepentingan dan analisis dampak Covid-19 pada kalender kompetisi, Dewan Direksi IFAB telah memperluas opsi untuk kompetisi yang dijadwalkan akan selesai pada 31 Juli 2021 dan kompetisi intermasional dijadwalkan pada bulan Juli atau Agustus 2021,” bunyi pernyataan FIFA di laman resmi pada Kamis (16/7/2020).

“Beberapa kompetisi yang dimulai kembali pada 2020 mungkin memiliki periode pemulihan atau persiapan yang lebih pendek dari biasanya sebelum awal musim berikutnya. Untuk banyak kompetisi, musim 2020-2021 akan melibatkan pertandingan yang dimainkan dalam periode singkat karena awal yang tertunda dan ketidakmampuan untuk mengakhiri lebih lambat dari biasanya karena turnamen internasional besar,” sambung pernyataan tersebut.

“Keputusan apakah akan menerapkan amandemen sementara ini, tetap menjadi kebijaksanaan masing-masing penyelenggara kompetisi (asosiasi sepakbola). Dampak perubahan pandemi pada sepakbola akan terus ditinjau terus-menerus untuk memastikan tindakan yang tepat diambil di masa depan sehubungan dengan amandemen sementara ini,” tutup pernyataan FIFA.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini